KPU Larang Anak – Anak Ikut Kampanye

Oleh Tgl: March 16, 2014
Irwan Syaputra Ketua KPU Provinsi

Perdana Kampanye Pemilu 2014 hari ini, kita himbau berkampanyelah sesuai aturan

Irwan Syaputra S. Ag

BENGKULU – Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Syaputra S. Ag melarang partai atau calon peroranganan mengikutsertakan anak kecil berkampanye. Hal ini menggingat jadwal kampanye yang sudah berlangsung sejak Minggu (16/3) pagi ada beberapa anak yang turut berkampanye.

“Perdana Kampanye Pemilu 2014 hari ini, kita himbau berkampanyelah sesuai aturan,” katanya.

Menurutnya kampanye terbuka dari 16 Maret sampai 5 April harus digunakan oleh partai politik seoptimal mungkin mendapatkan simpati masyarakat dan sebagai ajang pendidikan politik bagi masyarakat bukan sebaliknya.

“Semua partai disilahkan untuk mengumpulkan masanya masing masing dan memasang atribut kampanye di lokasi – lokasi yang sudah di tentukan oleh pemerintah sesuai dengan surat Keputusan gubernur beberapa waktu yang lalu,” katanya.

Berangkat dari situ kata Irwan, KPU melarang parpol dan calon perseorangan mengikutsertakan anak di bawah umur dalam stiap kali kegiatan kampanyenya.

“Kita harap parpol dan calon perseorangan untuk tidak membawa anak dibawah umur saat berkampanye,” jelasnya.

Dikatakan dia tata tertib dalam aturan ini diberlakukan agar pelaksanaan kampanye bisa berjalan dengan aman, tertib, dan sesuai dengan rencana. Apalagi anak-anak yang mereka berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah sangat rentan untuk terjadi hal yang tidak diinginkan pasa saat padatnya massa kampanye.

“Kita minta kader parpol atau simpatisan calon perorangan untuk lebih memperhatikan hal tersebut,” katanya

Irwan mengatakan untuk mengantisipasi pelanggaran tata tertib kampanye, termasuk larangan mengikutsertakan anak dalam kampanye terbuka, KPU akan meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan petugas keamanan untuk melakukan pengawasan. Dan Panwaslu memiliki kewenangan melakukan penertiban.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *