KPU Kota Bengkulu Sebar Relawan Demokrasi

Oleh Tgl: March 5, 2014
Sosialisasi Pemilu KPU Kota bengkulu relawan demokrasi

BENGKULU – KPU Kota Bengkulu selaku penyelenggara Pemilu 9 April mendatang di Kota Bengkulu terus mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan hari H pelaksanaan pesta demokrasi itu.

Sosialiasi pun gencar dilakukan untuk semakin memberikan penyadaran politik kepada masyarakat banyak terutama calon pemilih, di lima segmen yakni segmen agama, perempuan, disabilitas atau kelompok penyandang cacat, kelompok marginal termasuk di dalamnya tukang cuci,nelayan, pengamen, pengemis dan gelandangan dan Segmen Pemilih Pemula.

“Untuk masing-masing segmen, ditugaskan lima petugas relawan demokrasi,” ungkap Anggota KPU Kota Bengkulu Devisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Sri Hartati, Rabu (5/3)

Ddengan pelibatan relawan demokrasi yang bertugas sejak awal Januari sampai Akhir bulan April 2014 ini, diharapkan partisipasi pemilih pada Pemilu mendatang lebih meningkat dan memperkecil angka golongan putih.

Dalam tugasnya, ke – 25 relawan itu juga dilengkapi alat peraga seperti contoh kertas suara, sehingga nantinya dapat memberikan pelatihan dan pemahaman pada calon pemilih pada saat menggunakan hak pilihnya.

“Jadi relawan Demokrasi ini akan mensosialisasikan tentang Pemilu mulai dari cara mencoblos, mengenali kertas suara baik tingkat caleg daerah yang akan duduk di DPRD Kota Bengkulu, DPRD Provinsi Bengkulu, DPD RI maupun DPR RI,” tambahnya.

Dengan sosialisasi yang dilakukan juga ditargetkan dapat menghindari kerusakan kertas suara karena kesalahan dalam mencoblos atau memilih.

Relawan demokrasi yang diberikan honor pekerjaan 350 ribu rupiah per bulan tersebut juga diwajibkan mempertanggungjawabkan pekerjaannya, yang ditargetkan melakukan sosialisasi minimal 4 kali dalam sebulan yang dibuktikan dengan laporan pelaksanaan kegiatan, jelas Sri Hartati.(fr1)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *