Kepercayaann Konsumen Bengkulu Diproyeksikan Naik

Oleh Tgl: March 2, 2014
sayuran

ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang

Dodi herlando, M.Eng

BENGKULU  – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu Dodi herlando, M.Eng memprediksi Indeks Tendesi Konsumen (ITK) atau kepercayaan konsumen masyarakat di Provinsi Bengkulu akan meningkat pada triwulan pertama tahun 2014.

Ia mengatakan, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS melalui Survei Tendensi Konsumen (STK).

“ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang,” katanya, Minggu (2/3).

Ia menjelaskan, ITK di Provinsi Bengkulu pada Triwulan I-2014 diperkirakan sebesar 105,04. “Yang menunjukkan terjadinya peningkatan kondisi ekonomi konsumen. Dibandingkan ITK Triwulan IV-2013,” jelasnya.

Dikatakan Dodi pihaknya percaya tingkat kepercayaan konsumen meningkat di Bengkulu karena peningkatan yang terjadi pada perkiraan pendapatan rumah tangga dan peningkatan pada rencana pembelian barang-barang tahan lama.

“Meningkatnya kondisi ekonomi konsumen terutama didorong oleh kenaikan pendapatan rumah tangga dengan indeks 107,26 sedangkan tingkat inflasi stabil sehingga inflasi,” katanya.

Kedepan, katanya, masyarkat Bengkulu diperkirakan pendapatan rumah tangganya akan lebih kearah rencana pembelian barang-barang tahan lama seperti TV, VCD/DVD player, radio, tape/compo, komputer, HP, meubelair, kompor/tabung gas, kulkas, mesin cuci, oven/microwave, AC, perhiasan berharga dan kendaraan bermotor.

“Peningkatan indeks ini diartikan sebagai peningkatan tingkat kepercayaan atau optimisme konsumen akan kondisi ekonomi mereka,” jelas Dodi

Dikatakannya pula, pada triwulan IV tahun 2013, Bengkulu ITK Bengkulu tercatat sebesar 106,00 menunjukkan adanya peningkatan kondisi ekonomi konsumen dibandingkan Triwulan III-2013.

“Disisi lain, juga diprediksi semua konsumen di pulau Sumatera akan menunjukkan sikap yang optimis, yang ditunjukkan dengan indeks di atas 100, dengan provinsi Kepri atau Kepulauan Riau menunjukkan optimisme tertinggi dengan nilai indeks 108,28,” lanjutnya.

Sementara, ITK Bengkulu saat ini berada pada peringkat kesembilan dari 10 provinsi di Sumatera, dibandingkan provinsi-provinsi yang ada di pulau Sumatera, nilai ITK provinsi Bengkulu berada pada peringkat kesembilan, di bawah Provinsi Kep. Bangka Belitung dan diatas Provinsi Riau.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *