Kejati Minta Pemda Tindaklanjuti Temuan BPK

Oleh Tgl: March 3, 2014
Chanifuddin-Kajati-Bengkulu-

Terutama jika dalam laporan tersebut terdapat rekomendasi yang harus ditindaklanjuti, sehingga sudah seharusnya ditindaklajuti oleh pemerintah daerah setempat

Chanifuddin, SH

BENGKULU – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Chanifuddin, SH meminta Pemerintah Daerah (Pemda) yang ada di provinsi Bengkulu diminta untuk dapat menindaklanjuti temuan-temuan yang ada dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Terutama jika dalam laporan tersebut terdapat rekomendasi yang harus ditindaklanjuti, sehingga sudah seharusnya ditindaklajuti oleh pemerintah daerah setempat,” katanya.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan BPK RI, yang kemudian ada catatan penggunaan anggaran yang belum dilengkapai dengan bukti pertanggungjawabannya, maka harus dilengkapi.

“Sementara, saat ini, indikasinya sebagian besar rekomendasi tersebut belum ditindalanjuti oleh pihak terkait dan pemda setempat,” ujarnya.

Dengan diabaikannya hal tersebut, katanya, maka bisa jadi menyebabkan kerugian terhadap keuangan negara.

“Dan apabilan kemudian kita temukan adanya kerugian negara, dan itu tidak ditindaklanjuti atau melakukan pengembalian kerugian negara, maka akan kita yang akan menindakljutinya ke meja hijau,” jelasnya.

Ia mencontohkan, kasus mesin triplek di kabupaten Kepahiang yang diindikasikan merugikan negara sebesar Rp. 2,6 miliar berdasarkan hasil laporan dari BPK RI dalam laporan keuangannya terhadap pemerintah kabupaten Kepahiang yang menerima predikat disclaimer.

“Oleh karena itu, seluruh rekomendasi yang disertakan dalam LHP sedapat mungkin untuk segera ditindaklanjuti, dengan merujuk kepada rekomendasi dari BPK RI,” pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa hari lalu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Bengkulu mengungkapkan temuan pihaknya di 10 kab/kota dan Pemprov mencapai 4.215 rekomendasi dan sebagian diantaranya belum ditindaklanjuti.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *