Kapolda Himbau Masyarakat Tidak Bakar Lahan

Oleh Tgl: March 18, 2014
Kapolda Bengkulu

Seluruh elemen masyarakat agar menjadikan pengalaman pembakaran hutan atau lahan di Propinsi Riau dan Jambi, tidak sampai terjadi di Propinsi Bengkulu. Sebab dampak dari kebakaran hutan merugikan kita dan juga wilayah tetangga

Brigjen Polisi Tatang Sumantri

BENGKULU – Asap dari kebakaran hutan di Riau seluas 10 ribu hektar yang turut dirasakan oleh Provinsi Bengkulu membuat Kapolda Bengkulu Brigjen Polisi Tatang Sumantri angkat bicara dan menghimbau masyarakat Bengkulu tidak melakukan pembakaran lahan.

“Seluruh elemen masyarakat agar menjadikan pengalaman pembakaran hutan atau lahan di Propinsi Riau dan Jambi, tidak sampai terjadi di Propinsi Bengkulu. Sebab dampak dari kebakaran hutan merugikan kita dan juga wilayah tetangga,” katanya, Selasa (18/3).

Tatang mengatakan kebakaran hutan sangat berdampak pada aspek perekonomian, kerugian akibat kerusakan hutan hingga bisa menimbulkan penyakit pernafasan Ispa.

Karenanya Tatang mengatakan masyarakat harus memperhatikan dan menjaga hutan mulai dari hal terkecil yang dapat merusak kelestarian hutan dengan tidak membuang puntung rokok sembarang yang bisa menyebabkan kebakaran.

“Kita minta masyarakat tidak membakar hutan atau membuka lahan dengan cara membakar. Mari kita jaga lingkungan kita apalagi Provinsi Bengkulu sudah memperoleh penghargaan karena keberadaan hutannya yang masih lestari,” jelasnya.

Selain itu dia meminta tanggung jawab pengamanan hutan ini juga diambil oleh bupati maupun wallikota.

“Sebab bukan saja Pemerintah Provinsi Bengkulu, tetapi juga Pemerintah Kabupaten harus berperan aktif menanggulanginya secara dini. Pemerintah bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pentingnya keberadaan hutan bagi kehidupan,” jelasnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *