Kabut Asap, Waspadai Penyakit Ispa

Oleh Tgl: March 2, 2014
Edriwan Kadis DKK

Kabut asap yang sekarang juga masuk ke Bengkulu harus diwaspadai, karena dapat meningkatkan resiko warga terkena Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

drg. Edriwan Mansyur, MM

BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu drg. Edriwan Mansyur, MM menghimbau agar warga kota Bengkulu untuk mewaspadai kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah Kota Bengkulu. Sebab penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) bakal mengancam penyebarannya.

“Kabut asap yang sekarang juga masuk ke Bengkulu harus diwaspadai, karena dapat meningkatkan resiko warga terkena Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA),” katanya, Minggu (3/2).

Ia mengatakan, kabut asap yang menyebar, merupakan kiriman dari kebakaran hutan di Provinsi Riau dan Jambi yang mengalami kebakaran hutan serta lahan gambut.

“Untuk itu warga kota Bengkulu diminta untuk waspada terhadap asap kiriman tersebut yang dapat meningkatkan resiko ISPA,” ujarnya.

Menurutnya, penyebaran ISPA cenderung diabaikan, padahal merupakan penyakit menular. oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh warga agar memperhatikan kesehatan dengan menggunakan masker jika beraktifitas diluar rumah agar mengurangi resiko gangguan pernapasan akibat kabut asap.

Dikatakan Edriwan kabut asap yang mengancam wabah penyakit ISPA  bisa menyerang siapa saja, dan  juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan iritasi mata. Untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan kesehatan warga kota Bengkulu, ia mengatakan, bahwa pihaknya juga telah menambah stok ketersediaan obat di pusat kesehatan masyarakat setempat.

“Saya juga minta masyarakat untuk dapat berhati-hati saat berkendara di luar rumah terutama dalam kondisi adanya kabut asap, untuk meminimalisir kemungkinan kecelakaan akibat kabut asap,” katanya. (sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *