Jauhkan Perut Kembung Pada Si Kecil

Oleh Tgl: March 8, 2014
bayi-kembung

Aduh si kecil kenapa ya, kok rewel mewek-mewek terus? Makan sudah, minum susu juga sudah. Apa si kecil sakit ya? Perutnya agak kembung, mungkin  ada yang salah dari makanannya. Gimana nih, jangan-jangan pencernaannya  bermasalah? Mungkin, ada bakteri atau virus di perut si kecil. Waaah……..bahaya!!!!

Inilah yang sering dilakukan para ibu ketika balitanya menangis dan rewel ditandai dengan perut kembung. dr. Supriatmo, SpA (K). “Ibu tidak perlu panik yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebabnya,” kata Supriatmo.

Perut kembung bisa disebabkan dari udara yang bisa dikarenakan aerofagia (menelan udara); anak menangis terus dengan mulut terbuka sehingga udara masuk, karbondioksida dari netralisasi asam lambung dan bakteri usus yang menghasilkan CO2 dan metana.

Makan terlampau cepat, mengonsumsi minuman ringan, seperti minuman bersoda, makanan pedas, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang polong, buncis dan kol), makanan berlemak dan gorengan juga dapat memicu perut kembung.

Posisi menyusui yang tidak tepat juga menyebabkan perut kembung. Usahakan saat menyusu dot susu diposisikan tegak lurus sehingga bayi tidak meminum udara dari botol susu. Karenanya usai menyusui jangan lupa menepuk bayi agar mengeluarkan udara (bersendawa) dengan menepuk daerah punggung bayi.

Selain dari udara perut kembung juga disebabkan oleh benda padat yakni sembelit atau buang kotoran yang tidak lancar. Sembelit bila tak segera diobati bisa menyebabkan konstipasi, penumpukan kotoran dalam usus.

Bila dalam kondisi yang sudah parah cuci perut adalah langkah yang diambil untuk mengeluarkan kotoran yang sudah menumpuk. “Setelah kotoran dikeluarkan baru pola makan diatur kembali,” katanya.

Meski hidup di zaman modern arus globalisasi mendera di segala sisi tetap saja para orangtua modern masih memercayai beberapa mitos seputar menjaga dan merawat anak. Seperti ibu hamil yang minum es dan minum susu kehamilan akan menyebabkan bayi menjadi besar.

Bentuk perut menentukan jenis kelamin bayi, puting menjadi gelap berarti anak yang dikandung laki-laki, makan kacang hijau membuat rambut bayi lebat, minum air kelapa membuat kulit bayi menjadi putih, minum minyak kelapa agar mudah melahirkan, kalau garuk-garuk perut akan menimbulkan scratchmark dan masih banyak mitos lainnya.

Dan terkhusus untuk kembung perut orang dulu mengatakan memasang gurita dan daun jarak serta  mengenakan baju tebal-tebal pada anak dapat mencegah perut kembung,  “Bukannya mencegah perut kembung anak bisa kepanasan,” kata Supriatmo.

Mempunyai anak adalah sebuah anugerah. Saking sayangnya pada anak orangtua terlalu berlebihan dalam menjaga anaknya. “Ketakutan orangtua dan penjagaan yang terlampau berlebihan dapat memberikan kecemasan pada anak dan ini tidak baik pada tumbuh kembangnya,” tutup Supriatmo. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *