Ini 10 Isu Strategis Perjuangan DPD RI

Oleh Tgl: March 31, 2014
DPD RI

Dari hasil dengar pendapat dan masukkan dari masyarakat, akhirnya kita mengerucutkan menjadi 10 isu yang perlu dilakukan amandemen

Dpl. Ing. H. Bambang Soeroso

BENGKULU – Anggota DPD RI Perwakilan Bengkulu Dpl. Ing. H. Bambang Soeroso mengatakan selama ini ada 10 isu strategis yang diperjuangkan oleh DPD RI yang direncakan bakal masuk dalam amandemen kelima UU 1945.

“Dari hasil dengar pendapat dan masukkan dari masyarakat, akhirnya kita mengerucutkan menjadi 10 isu yang perlu dilakukan amandemen,” katanya pada saat melaksanakan Focus Group Discussion FGD sosialisasi tentang hasil-hasil DPD RI tentang Eksistensi DPD RI untuk daerah dan NKRI, di hotel Madelin (31/3).

FGD yang dimotori oleh Asep Topan ini juga menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi diantaranya Haris Jauhari (staf Ahli Media dari MPR), Amancik (Unib) dan Asnaini (IAIN) serta Panji Suminar (Unib) dan Ardi Lafiza (Unib).

Kesepuluh isu tersebut adalah  memperkuat sistem presidensial, memperkuat lembaga perwakilan,  memperkuat otonomi daerah, calon presiden perseorangan,  pelaksanaan pemilu dan pemilu lokal, pembentukan forum previlegaitum, optimalisasi peran Mahkamah Konstitusi,  penambahan pasal Hak Asasi Manusia (HAM), penambahan bab komisi negara, dan terakhir penajaman bab tentang pendidikan dan perekonomian.

Dikatakan Bambang sepuluh usulan isu strategis tersebut sudah dilakukan proses pengodokan dan  merupakan hasil kajian konstitusional yang dilakukan DPD dengan perguruan tinggi di 33 provinsi di Indonesia.

“Konsitusi bersifat dinamis menyesuaikan perkembangan kekinian dan visioner, apalagi telah diatur dalam Pasal 37 UUD 1945,” lanjutnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *