Harga Kopi Bengkulu Melonjak

Oleh Tgl: March 22, 2014
Kopi

Saat ini harga jual kopi kering mencapai harga Rp.20.000/kg, tentu dengan harga ini kami sangat diuntungkan

Aan

BENGKULU – Harga kopi di di Provinsi Bengkulu terus naik dan kemungkinan terus bertahan di harga Rp.20.000/kg, dalam 2 pekan belakangan.

“Saat ini harga jual kopi kering mencapai harga Rp.20.000/kg, tentu dengan harga ini kami sangat diuntungkan,” ujar Aan (42) salah satu petani kopi di Bengkulu, Sabtu (22/3).

Menurutnya, kenaikan harga telah terjadi dalam 2 pekan belakangan dan terus bertahan hingga saat ini. “Kami juga berharap harga ini dapat terus bertahan hingga kami para petani kopi dapat terus di harga seperti sekarang, atau kalau bisa harganya terus naik,” harapnya.

Menurutnya, secara keseluruhan para petani di Bengkulu, terutama di kabupaten Kepahiang dan Rejang lebong dalam beberapa pekan kedepan kemungkinan akan mulai panen besar.

“Sehingga para petani kopi kali ini dapat merasakan hasil dari pertanian mereka dengan harga yang baik,” katanya.

Hal senada dikatakan Ruslan (38), salah satu petani kopi di Kepahiang yang mengaku telah menjual hasil panen awal kopinya dalam pekan terakhir kenaikan harga kopi dengan harga Rp.20.000/kg.

“Semoga saja pada panen raya nanti harganya tidak turun seperti tahun-tahun sebelumnya ketika memasuki masa panen,” katanya.

Harga kopi, katanya, setiap tahunyya berkisar antara Rp.10.000 – Rp.14.000 ketika masa panen.

“Bahkan, ketika puncak masa panen, harga kopi malah turun, karena permintaan yang terus menurun, karena pasar dibajiri komoditas kopi, ketika puncak masa panen,” ujarnya.

Kenaikan harga kopi, diprediksi terus terjadi hingga beberapa pekan kedepan, menyusul secara nasional permintaan terhadap komoditas kopi dari dunia terus meningkat, menyusul terjadinya gagal panen kopi di Brazil, sehingga pasokan kopi dunia berkurang.(fr2)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *