Hampir Seluruh PTS di Bengkulu Bermasalah

Oleh Tgl: March 23, 2014
Perguruan Tinggi

Dari total 16 PTS di provinsi Bengkulu, hanya ada 3 PTS yang tercatat dalam keadaan sehat

Prof. Dr. Diah Natalisa, M.BA

BENGKULU – Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II kemendiknas mencatat, hampir seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di provinsi Bengkulu dalam bermasalah.

“Dari total 16 PTS di provinsi Bengkulu, hanya ada 3 PTS yang tercatat dalam keadaan sehat,” kata koordinator kopertis wilayah II Prof. Dr. Diah Natalisa, M.BA, di Bengkulu, Sabtu (22/3).

Hanya saja, katanya, kopertis belum bisa merilis naman-nama perguruan tinggi swasta di Bengkulu yang bermasalah tersebut.

“Awalnya kita akan mengumumkan nama-nama PTS yang bermasalah di Bengkulu pada tanggal 17 Maret 2014, namun menyusul keberatan dari sejumlah PTS, akhirnya pemerintah mengundurkan waktu pengumumannya,” katanya.

Namun demikian, lanjutnya, pemerintah akan tetap mengumumkan nama-nama PTS yang bermasalah.

“Kemungkinan, kita akan mengumumkannya usai pelaksanaan pemilu legislatif 2014, kita pasti akan mengumumkannya,” katanya.

Menurutnya, saat ini sudah saatnya PTS untuk berbenah, agar tidak merugikan masyarakat dan mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya di PTS.”Karena memang sebenarnya peran PTS di Indonesia sangat penting bagi dunia pendidikan, tidak semua kebutuhan akan pendidikan bisa di akomodir oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” ujarnya.

Saat ini, katanya dari total 3600 perguruan tinggi di Indonesia, hanya ada 98 PTN di seluruh provinsi di Indonesia.

“Untuk itu, peran PTS tentu sangat vital, dengan jumlahnya yang ribuan di seluruh daerah, hanya saja tentu perlu perbaikan dan pembenahan ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Oleh karena itulah, katanya, peran kopertis untuk melakukan pengawasan dan pembinaan kepada PTS yang ada, termasuk di Bengkulu.

“Seluruh PTS di Bengkulu berada dalam pengawasan kopertis wilayah II yang meliputi provinsi Bengkulu, Lampung, Palembang dan Bangka belitung,” demikian Diah.(fr2)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *