Gaul dan Ngerocknya Arjuna Vs Ekalaya

Oleh Tgl: March 16, 2014
Wayang Orang Rock Ekalaya

Jakarta – Berulangkali seruan, “Oh yeah..” dengan tangan membentuk tanda metal terdengar saat pementasan Wayang Orang Rock Ekalaya berlangsung, Sabtu (15/3) malam, di Tennis Indoor Senayan.

Ditambah lagi genjrengan gitar dan lagu-lagu rock menyelingi pementasan wayang orang arahan Sutradara Arie Dagienkz ini. Sentuhan teknologi semacam multimedia dan hologram, serta tata pentas yang apik pula back sound dari musisi-musisi rock Indonesia membuat perhelatan wayang orang ini mengesankan jauh dari esensi wayang aslinya.

Mengangkat kisah pertarungan antara Ekayala dan Arjuna, Wayang Orang Rock Ekalaya ini mengemasnya lebih gaul. Dalam cerita pewayangan, Ekalaya ingin berguru dengan resi Durna dari  Hastina.

Namun karena sudah terikat perjanjian bahwasanya Durna hanya akan menurunkan ilmunya pada Pandawa, dia menolak walaupun sebenarnya hatinya ingin sekali. Pasalnya, Ekalaya adalah seorang pemanah yang hebat pun santun lakunya.

Saking Ekalaya ingin berguru dengan Durna, dia membuat patung yang menyerupai Durna dan berlatih di depan pasting tersbeut. Singkat cerita, Arjuna—salah seorang Pandawa, akhirnya tahu kalau Ekalaya membuat patung yang menyerupai gurunya dan menantang Ekalaya duel. Akhirnya, Ekalaya mati di tangan Arjuna itupun berkat campur tangan Durna.

Nah, di Wayang Orang Rock Ekalaya ceritanya masih seputar hal tersebut namun eksekusinya lebih modern. Dengan mengganti panah dengan gitar, pun percakapannya lebih gaul dengan menyelipkan humor-humor masa kini. Seperti ketika Durna (Jikun ‘/rif’) mengeluhkan anaknya Aswatama yang lebih suka bermain Twitter, Path ketimbang berlatih gitar dll.

SOPHIA LATJUBA MUELLER SEBAGAI ANGGRAENI (Wayang Orang Rock Ekalaya)

SOPHIA LATJUBA MUELLER SEBAGAI ANGGRAENI (Wayang Orang Rock Ekalaya)

Penempatan Sophia Latjuba Mueller sebagai Anggraeni kalau bisa disebutkan hanya sebagai pemanis saja. Walaupun, lagu-lagu yang dibawakannya lumayan menunjukkan kapastitasnya sebagai penyanyi.

Stevie Item ‘Andra and The Back Bone’ sebagai Ekalaya, Otong ‘Koil’ sebagai Arjuna dan Jikun ‘/rif’ sebagai Durna memosisikan dirinya sebagaimana mestinya. Sebagai musisi, gitaris rock yang memang sangat mumpuni.

(KI-KA) STEVIE ITEM-EKALAYA, SOPHIA LATJUBA MUELLER-ANGGRAENI, OTONG 'KOIL'-ARJUNA Wayang Orang Rock Ekalaya

(KI-KA) STEVIE ITEM-EKALAYA, SOPHIA LATJUBA MUELLER-ANGGRAENI, OTONG ‘KOIL’-ARJUNA Wayang Orang Rock Ekalaya

Tentu saja buat para penggemar dan penggila rock ini adalah sebuah cara untuk mengobati kangen mereka dengan musisi-musisi idola serta lagu-lagu lawas rock. Makanya, ketika lagu-lagu Led Zepplin, Metallica, The Beatles, Bon Jovi, The Doors bahkan Elvis Presley dikumandangkan, penonton yang kebanyakan anak muda itu sontak histeria.

“Cerita wayang memiliki penafsirannya sendiri, kalau saya ingin menafsirkannya seperti ini dengan polesan yang lebih modern. Ini hanya penafsiran, saya berharap lewat Wayang Orang Rock Ekalaya ini, makin banyak anak-anak muda yang lebih menghargai seni wayang,” ujar Ari Dagienkz sembari menambahkan jika memang permintaan ada, bukan tak mungkin akan digelar pentas ulang di beberapa tempat. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *