Bagian dari Buah dan Sayur yang Sering Dibuang Padahal Bermanfaat!

Oleh Tgl: March 14, 2014
Sayur Mayur

Ternyata ada bagian dari buah dan sayuran yang sering dibuang padahal kaya manfaat. Ini dia….

1. Kulit Apel

Anda sering memisahkan kulit apel dari dagingnya? Mulai sekarang jangan lagi membuang kulit apel. Soalnya, kulit apel ini mengandung banyak serat dan vitamin. Bahkan kandungan serat yang terdapat pada kulit apel lebih banyak ketimbang yang ada pada dagingnya.

2. Batang Sayuran

Batang sayuran memiliki kandungan glutamine dan asam amino yang tinggi. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan. Mulai sekarang, cobalah memasak sayuran dengan cara menggabungkan potongan batang serta daun dan mengolahnya bersama-sama.

3. Kulit Jeruk

Ya, bagian dari jeruk yang berwarna kuning ini dapat menurunkan koleterol bahkan lebih ampuh ketimbang obat-obatan yang biasa kita beli di apotek. Bahkan dapat sebagai pelindung buat jantung dan mengobati radang. Tidak perlu memakannya utuh, cukup menyobeknya sedikit dan menggabungkannya ke dalam hidangan Anda.

4. Kulit Semangka

Buah ini memang jadi favorit apalagi kalau dimakan dingin-dingin, hmm…Namun ternyata tidak hanya dagingnya yang berwarna merah itu saja yang kaya vitamin tetapi kulitnya juga bermanfaat. Asam amino citrulline yang terdapat pada kulit semangka dapat menghilangkan nitrogen dari darah. Penemuan ini diperoleh dari USDA’s Agricultural Research Service tahun 2003.

5. Kulit Kentang

Daging kentang memiliki banyak manfat bahkan sering menjadi pengganti sumber karbohidrat. Nah, bukan hanya daging kentang saja yang bisa dikonsumsi, kulitnya pun sebaiknya jangan dibuang. Soalnya, kulitnya mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi dan kalsium. Mengukus kentang dan memakannya bersama kulitnya bisa jadi alternative pilihan cara menikmati makanan ini.

6. Biji Labu

Buah labu dapat mengurangi kolesterol buruk, meringankan masalah jantung dan sakit kepala terutama migrain. Namun jangan lagi menyingkirkan biji labu dari dagingnya. Karena biji labu memiliki manfaat serupa dengan dagingnya. Sekira setengah cangkir labu, layak dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan tubuh sehat dan fit. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *