Antisipasi Perkara Pemilu, KPU-Kejati Teken MoU

Oleh Tgl: March 11, 2014
MoU KPU - Kejati

Saya berharap pemilu 2014 ini akan berlangsung aman, lancar dan tanpa hambatan. Kalau bisa Bengkulu menjadi salah satu provinsi teraman.

Sultan B Najamuddin

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum KPU Provinsi Bengkulu melakukan kerjasama dengan pihak Kejaksaan Tinggi Bengkulu, Selasa (11/3).

Hal ini  dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gugatan perdata dan tata usaha negara terkait hasil Pemilihan Umum Pemilu 2014 yang tinggal detik-detiknya ini.

Penandatanganan kesepekatan bersama bidang perdata dan tata usaha Negara antara Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu dan kab/kota dengan Kejaksaan Tinggi Bengkulu dan kepala kejaksaan negeri ini pun disambut baik oleh Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamuddin.

Selain memberikan apresiasi positif, Sultan mengatakan dengan dilakukan MoU ini seluruh peserta pemilu dapat bertindak sesuai tracknya dan hendaknya dalam berdemokrasi mengedepankan ranah hukum sebagai langkah dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan hasil pemilu. Bahkan dia berharap Bengkulu bisa menjadi daerah yang paling aman dan lancar pada saat pesta demkorasi berlangsung nanti.

“Saya berharap pemilu 2014 ini akan berlangsung aman, lancar dan tanpa hambatan. Kalau bisa Bengkulu  menjadi salah satu provinsi teraman. Saya harap hal itu bisa terwujud,  karena Bengkulu ini seperti kita ketahui bersama masyarakatnya sangat baik, Bengkulu aman,  Dan ketika masyarakatnya melek politik dan demokrasi pasti daerahnya akan maju,” katanya di Madelin Hotel Bengkulu.

Lebih lanjut, adik kandung Gubernur Bengkulu periode 2005 – 2010 Agusrin M Najamudin ini berharap KPU dan pihak terkait dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih wakil rakyatnya.

“Tolong sukseskan pemilu 9 April 2014, hindari golput dan terpenting kualitasnya,” jelasnya.

Sementara, Kepala Kejati Bengkulu Chanifuddin mengatakan dengan adanya MoU ini Kejati akan lebih nyaman menindaklanjuti hasil sengketa pemilu atau gugatan. Dan MoU ini merupakan bukti adanya kepercayaan KPU kepada pihak Kejaksaan dalam menyelesaikan gugatan hasil pemilu.

“Semoga dengan ditantangani nota kesepakatan bersama ini bentuk upaya kesepakatan baik kejaksaan dan KPU. Dan kita  berharap tidak ada sengeketa di Bengkulu, kalaupun ada tetap dapat berjalan dengan baik dan aman,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *