60 Persen Pencemaran Sungai Akibat Limbah Domestik

Oleh Tgl: March 24, 2014
Sungai Tercemar - Ambil Internet

60 persen penyebab pencemaran sungai adalah limbah domestik

Prof. Dr. Bhaltasar Kambuaya

BENGKULU – Menteri Lingkungan Hidup (LH) RI Prof. Dr. Bhaltasar Kambuaya, Senin (24/3) di Bengkulu, mengatakan bahwa penyebab utama pencemaran sungai adalah limbah domestik.

“60 persen penyebab pencemaran sungai adalah limbah domestik,” ujarnya saat berada di Bengkulu.

Selain itu, katanya, dari 57 sungai besar yang dipantau tahun lalu hampir semuanya telah tercemar.

“Dari 57 sungai yang terpantau saat ini, 75 persennya tercemar berat, 3 persen tercemar sedang dan 3 persen tercemar ringan,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, perlu langkah penanganan untuk menyelematkan aliran sungai di Bengkulu. “Terutama aliran sungai yang menjadi sumber air minum, karena air dari aliran tersebut akan dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat,” katanya.

Namun demikian, katanya, faktanya, ternyata penyebab utama pencemaran sungai adalah limbah domestik atau limbah yang hasilkan oleh masyarakat itu sendiri. Untuk diketahui, Menteri Lingkungan Hidup RI, berada di Bengkulu dalam rangka rapat kerja teknis nasional tentang pemantauan kualitas air sungai di 33 provinsi.

Dalam rombongan menteri LH, ikut serta ketua harian Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), Rachmat Witoelar dan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Lukman Hakim.

Untuk itu, katanya, melalui rapat kerja yang diikuti oleh seluruh kepala laboratorium dari seluruh provinsi tersebut akan membahas persoalan tersebut.

“Selanjutnya, dari hasil rapat kerja itu nanti akan mengahasilkan rekomendasi untuk menuntaskan persoalan tersebut,” tutupnya.(fr2)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *