6 Sifat Positif dari Orang Sensitif

Oleh Tgl: March 13, 2014
Orang sensitif

Anda merasa bukan orang sensitif? Elaine N. Aron, Ph.D psikolog dari York University di Toronto mengatakan tidak selamanya orang-orang dengan kadar sensitif tinggi memberikan dampak buruk buat diri dan lingkungannya.

Ternyata di balik isu “sensitifnya” orang-orang peka ini memiliki sifat positif.  Cek dulu di sini sebelum yakin kalau Anda bebas dari isu “sensitif”….

1.  “Dalam” Memandang Segala Sesuatu

Mereka sangat dalam memandang segala sesuatu pun juga sangat intuitif. Tidak hanya sekadar ingin tahu untuk memenuhi hasrat informasinya tetapi juga ingin menggali sebab dan akibatnya.

2. Lebih Emosional

Sangat emosional dan reaktif memandang sesuatu. Memang untuk orang-orang seperti ini candaan kecil bisa disimpan sangat dalam. Namun untuk beberapa hal, seperti empati, mereka memilikinya jauh lebih tinggi dari orang-orang kebanyakan. Sebuah peristiwa kecelakaan yang mungkin buat sebagian orang adalah biasa bisa menjadi sesuatu yang penting buat mereka.

3. Pendengar yang Baik

Mereka pendengar yang baik dan orang-orang tempat penyimpan rahasia yang super. Meski terkadang memberikan saran yang cukup emosional sesuai dengan sifat dan karakteristiknya, namun bercerita dengan “orang-orang sensitif” ini adalah “obat” mujarab buat hati yang galau.

4. Detail

Mereka sangat detail dan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Karena sekali salah memberi keputusan bisa memberikan efek tidak enak yang berkepanjangan. Walaupun, waktu untuk mengambil keputusan ini sering dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu buat orang-orang yang berhubungan dengannya.

5.  Tidak semua Ekstrovert

Menurut Elaine N. Aron, sekitar 30% orang-orang sensitif tidak ekstrovert. Malah mereka cenderung bergabung di komunitas dan senang bergaul dengan orang banyak. Namun bila ditilik lebih lanjut, memang pada dasarnya keinginan untuk bersosialisasi ini seringnya bukan karena memang hobi tapi kebutuhan. Misalnya karena pekerjaan dan lain-lain.

6. Sangat Sopan

Memiliki sopan-santun di atas rata-rata. Mereka cenderung menunjukkan perhatian dan teliti dalam mengerjakan segala sesuatu.  Saking sangat perasanya, kesopanan mereka dianggap sebagai sesuatu yang berlebihan buat orang-orang yang cuek. Keuntungannya adalah, kesopanan mereka membuat orang merasa sungkan sehingga segan menolak permintaan mereka. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *