6 Hal yang Selalu Dilakukan Orang-orang Kreatif

Oleh Tgl: March 10, 2014
orang kretif

Orang-orang kreatif memiliki jalan pikiran mereka sendiri yang sulit dipahami sebagian besar orang pada umumnya. Bahkan ternyata, mereka sendiri pun tidak memahami apa yang sebenarnya mereka inginkan. Hal ini dikatakan oleh Scott Barry Kaufman, psikolog dari New York University.

“Orang-orang kreatif punya jalan pikiran yang kompleks, nyaris kacau malah. Kekreatifan inilah yang membuat mereka sendiri sulit memahami diri mereka,” demikian menurut Scott.

Tidak ada ciri spesifik dari orang-orang kreatif, namun menurut Scott mereka punya hal yang selalu dilakukan yang tidak pernah dilakukan orang kebanyakan.

1. Melamun

Meskipun banyak yang mengatakan melamun adalah pekerjaan sia-sia, namun  orang-orang kreatif senang melakukannya. Menurut Rebecca L. McMillan yang menulis buku Ode To Positive Constructive Daydreaming, melamun dapat membantu proses inkubasi kreatif. Membiarkan imajinasi mengembara dapat merangsang munculnya ide-ide baru dan sebagai proses mengingat kembali hal-hal penting yang terjadi di masa lalu.

2. Mengamati

Mereka senang mengamati segala sesuatu hal kecil yang sesungguhnya biasa saja dianggapnya penting. Bahkan seringkali mereka senang mengajukan pertanyaan aneh yang membuat orang di sekelilingnya mengernyit.

3. Pagi Sekali atau Larut Malam

Mereka berada di puncak ide di waktu-waktu orang sedang terlelap—di pagi sekali atau larut malam. Banyak orang-orang kreatif seperti seniman dan penulis mengaku mereka berkarya pada jam-jam tadi contohnya saja penulis Vladimir Nabokov

4. Menyendiri

Selalu punya waktu untuk menyendiri. Rollo May, psikolog Amerika membenarkan untuk membuka jalan dalam penemuan kreatifitasnya. Seniman dan orang-orang kreatif memang sering dipandang sebagai orang-orang penyendiri.

5. Pengalaman Tak Biasa

Orang-orang kreatif sering mengalami pengalaman tak biasa. Disadari atau tidak, mereka sering bersinggungan dengan hal-hal aneh. Memang menurut penelitian, orang-orang kreatif menjadi magnet untuk hal-hal tidak biasa untuk mendekat padanya. Salah satu sebabnya yang lain adalah mereka selalu terbuka untuk hal-hal baru. Ingin merasakan semua “rasa” yang ada di dunia.

6. Mengikuti Passion

Mereka memilih mengikuti passion bukan melakukan pekerjaan karena uang dan dilakukan oleh orang banyak. Mereka menyukai sesuatu bukan karena itu disukai oleh orang banyak tetapi karena mereka menyukainya. Ketika melakukan sesuatu mereka tidak peduli dengan pandangan orang lain. Bahkan bisa mereka nyentrik sendiri, kadang-kadang membuatnya hidup di dunianya sendiri. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *