5 Tindakan Kecil yang Bisa Membahagiakan Orang Lain

Oleh Tgl: March 19, 2014
Happy

Satu tindakan kecil dapat membuat orang lain berbahagia dan meluruskan kesalah-pahaman. Dalam keseharian, seringkali Anda terbentur dengan peristiwa-peristiwa yang sederhana yang justru kita abaikan.

Misalnya bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan kecil tapi Anda lewatkan begitu saja. Percayalah, sesungguhnya ketika Anda membantu orang lain, Anda  juga membantu diri sendiri. Perasaan bahagia yang muncul dari orang yang Anda tolong dapat menulari Anda juga.

Berikut 5 hal kecil yang Anda lakukan yang bisa menceriakan hari orang lain.

1. Bantuan Kecil

Jangan meremehkan bantuan kecil yang Anda tawarkan kepada orang lain. Misalnya membukakan pintu, membantu membawakan barang belanjaan untuk orang yang baru Anda temui di supermarket ataupun mengambilkan barang jatuh. Kenapa demikian? Karena Anda tidak tahu hari yang dilaluinya barusan, bantuan kecil Anda bisa jadi hal terbaik yang dialaminya sepanjang hari tersebut.

2. Terimakasih

Ucapan “terimakasih” memiliki kekuatan yang hebat! Tidak percaya? Coba ingat-ingat kembali, bagaimana perasaan Anda ketika seseorang mengucapkan “terimakasih”, tentu saja Anda merasa dihargai, bukan? Hal yang sama terjadi jika Anda mengucapkannya kepada orang lain.

3. Pujian

“Wah, Anda tampak berbeda, kelihatan lebih cantik hari ini…” pernahkah Anda mengatakannya kepada rekan kerja Anda? Memberikan pujian sederhana dapat membangkitkan mood seseorang. Kenapa Anda sungkan memberikan pujian jika itu membuat orang lain senang?

4. Sapaan

Seberapa sering Anda mengucapkan “selamat pagi” atau menanyakan “bagaimana harimu?” kepada orang yang Anda temui ataupun rekan sejawat? Percayalah, sapaan singkat pembuka hari, apalagi diucapkan dengan semangat dapat meriakan hari seseorang. Kenapa enggan melakukannya, toh Anda tidak rugi ‘kan?

5. Maaf

Banyak orang enggan mengatakan kata ini hanya karena ego, merasa apa yang dilakukannya hanya kesalahan kecil jadi tidaklah perlu mengucapkan kata “maaf”. Terkadang tanpa Anda sadari permintaan maaf dapat meluruskan hal kecil yang bila dibiarkan bisa menjadi persoalan besar ke depannya. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *