5 Manfaat Lemon

Oleh Tgl: March 6, 2014
Lemon

Perasaan air lemon yang dicampur dalam rebusan air hangat ternyata sudah lama menjadi minuman sehat yang dipercaya sejak dulu. Betapa orang-orang tradional menggunakannya sebagai minuman untuk kesehatan.

Bahkan racikan minuman ini juga digunakan oleh para pelaku yoga. Faktanya memang meminum air lemon hangat setiap pagi sangat baik untuk pencernaan, membersihkan tubuh dari racun dan bagus untuk diet juga. Unsur-unsur gizi di dalam lemon memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Berikut lima manfaat lemon.

1. Kekebalan Tubuh

Lemon mengandung antikosidan dan vitamin C yang dikenal sebagai pendukung kekebalan tubuh. Dan tidak hanya itu saja, konsumsi lemon dapat mengurangi penyakit gangguan pernafasan dan sakit tenggorokan. Makanya, meminum air perasan lemon hangat saat flu ataupun batuk dan meredakan gangguan gatal dan pilek.

Buat sebagian orang mencampur perasan air lemon dengan kecap kemudian menenggaknya bisa mengobati batuk. Namun, sebaiknya, perasan air lemon cukup dicampurkan dengan air hangat—tanpa kecap.

2. Bagus Untuk Pencernaan

Selain itu, lemon sangat bagus untuk pencernaan. Sebagai tonik tradisional yang dapat menyeimbangkan asam di dalam perut. Bahkan dapat mengatasi tukak lambung yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Bila terlalu asam, Anda dapat menambahi gula sebagai pemanis.

3. Kulit Sehat

Vitamin C dan antioksidan lain yang terdapat di dalam lemon dapat menangkal radikal bebas terutama yang disebabkan oleh paparan UV dan lingkungan. Plus, mencegah penuaan dini pada kulit serta kerusakan lain seperti kulit kering dan keriput yang belum waktunya.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Secara tradisional lemon dapat  mempercepat penyembuhan luka dan mengembalikan stamina tubuh sehabis sakit. Nutrisi vitamin C pada lemon adalah komponen penting untuk memelihara kesehatan dan pemulihan stres dan cidera.

5. Diet

Meminum segelas air lemon hangat setiap pagi bisa mengikis lemak. Selain itu, menjadikan air lemon hangat sebagai minuman pendamping makan bisa membantu menjaga kestabilan berat badan. Juga menggabungkan minuman perasan lemon dengan makanan berlemak dapat menyeimbangkan lemak yang masuk ke dalam tubuh. (T. Alur)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *