2014, ODHA Bertambah 10 Orang

Oleh Tgl: March 19, 2014
hiv-aids

BENGKULU – Orang Dengan HIV/Aids (Odha) di provinsi Bengkulu hingga Maret 2014 bertambah sebanyak 10 orang. Hal itu disampaikan oleh sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) kota Bengkulu dr. Abdi setia kusuma, Rabu (19/3).

“Data tersebut berdasarkan dari unit PKT-VCT RSUD Dr. M Yunus Bengkulu sampai dengan Maret 2014,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada Januari 2014 unit PKT-VCT RSUD M Yunus. telah menerima kunjungan sebanyak 10 orang. “Dari kunjungan 10 orang tersebut, 7 orang negatif dan 3 orang diantaranya positif HIV/Aids. Sementara, satu orang yang positif HIV/Aids telah meninggal dunia,” katanya.

Kemudian, pada Februari 2014, unit PKT-VCT RSUD M Yunus menerima kunjungan 19 orang. “Dari kunjungan 19 orang tersebut, 12 orang negatif dan 7 orang positif HIV/Aids,” katanya.

Ia juga mengatakan, dari total 10 orang yang positif HIV/Aids, 1 orang berasal dari kota Bengkulu, Argamakmur Bengkulu utara 5 orang, Air majunto Mukomuko 2 orang, Semelako Lebong 1 orang dan Tanah abang Seluma 1 orang. “Dengan data kasus tersebut, terjadi peningkatan 18 persen kasus HIV/Aids di provinsi Bengkulu dari tahun sebelumnya yang berjumlah 57 kasus dari 979 kunjunga,” jelasnya.

Untuk diketahui, katanya, unit VCT RSUD Dr. M Yunus merupakan bagian dari pelayanan dari RSUD Dr. M Yunus yang bertujuan menurunkan angka kesakitan HIV/Aids, meningkatkan mutu pelayan terhadap penderita HIV/Aids, perlindungan bagi petugas layanan VCT maupun klien.

“Kemudian memberikan informasi yang benar tentang HIV/Aids dan menyediakan akses terapi sedini mungkin” tukasnya.(fr2)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *