1500 Ekor Itik Talang Benih Disalurkan Untuk Kab. RL Dan Lebong

Oleh Tgl: March 24, 2014
Itik talang Benih Ambil Internet

Jadi kenapa hanya disalurkan ke Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong saja. Kita memang memetakannya disana sebab Kab. RL dan Lebong merupakan asal itik itu, yang adalah plasma nutfah dan tak ada di tempat lain selain di RL dan Lebong

Irianto Abdullah

BENGKULU – Untuk meningkatan populasi hewan ternak itik, Pemprov Bengkulu pada tahun ini menyalurkan ternak itik sebanyak 1500 ekor untuk Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu Irianto Abdullah menurutnya Pemprov Bengkulu memang memfokuskan penyaluran bantuan bibit ternak tersebut diwilayah Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong mengingat itik yang disalurkan adalah Itik Talang Benih.

“Jadi kenapa hanya disalurkan ke Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong saja. Kita memang memetakannya disana sebab Kab. RL dan Lebong merupakan asal itik itu,  yang adalah plasma nutfah dan tak ada di tempat lain selain di RL dan Lebong,” jelasnya, Senin (24/3).

Dikatakan dia penerima bantuan ternak itik ini merupakan kelompok ternak yang saat ini tengah proses pendataan. Menurutnya setelah didistribusikan pada bulan Juli atau Agustus nanti. Disnak akan terus melakukan pembinaan sampai itik-itik itu menghasilkan telur.

“Populasi itik ini terbatas, karenanya memang harus dilakukan pembinaan secara terus menerus. Dan beda itik ini dengan itik wilayah lain yang merupakan keunggulannya yakni mampu bertelur antara 260 sampai 265 telur per tahun,” terangnya

Lebih lanjut jika Itik talang benih yang sangat berbeda dari jenis itik lain ini sudah mampu memenuhi kebutuhan lokal Bengkulu dia berharap untuk usaha kecil dan menengah tidak perlu mendatangkan itik dari Pulau Jawa cukup itik Talang Benih saja.

“Itik ini beratnya pas untuk pedagang makanan kisaran  1 sampai 2 kilogram per ekor sehingga kedepan pedagang makanan tak perlu membeli itik dari luar provinsi sebab selama ini pengusaha makanan beli itik dari Jawa,” tutupnya.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *