Workshop Fotografi dan Jurnalistik Warnai Kegiatan HPN

Oleh Tgl: February 7, 2014
Fotografi

Setiap orang bisa memfoto namun memoto yang baik dan benar harus diperhatikan pengaturan adverture (keluasan fokus) dalam pengaturan pencahayaan dan star speedy (kecepatan) seperti dalam pengambilan fhoto olahraga

Andika Wahyu

BENGKULU – Salah satu rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselengarakan di Provinsi Bengkulu yaitu, Workshop fotografi dan jurnalistik media yang diselengarakan oleh Kantor Berita Antara.

Acara ini bertempat di Hotel Samudra Dwinka selama 2 hari Jumat-Sabtu (8-9/2). Acara Workshop Fotografi dan Jurnalistik dihadiri oleh ekitar 100 orang peserta,dari berbagai kalangan yaitu dari wartawan cetak dan elektronik,PNS, Mahasiswa dan pelajar.

Dengan pemateri salah satunya yaitu Fotografer Antara Andika Wahyu (Fotografer penerima pengharagaan Jurnalistik Adi Negoro tahun 2012). Andika Wahyu dalam materinya menjelaskan tentang belajar teknis fotografi. Ada dua bahan yang harus dikuasai yaitu body kamera yang memuat menu atau kontes dan lensa kamera.

Kedua bahan inilah yang mesti dikuasai dulu sebelum melakukan teknik pengambilan foto. “Setiap orang bisa memfoto namun memoto yang baik dan benar harus diperhatikan pengaturan adverture (keluasan fokus) dalam pengaturan pencahayaan dan star speedy (kecepatan) seperti dalam pengambilan foto olahraga,” jelasnya.

Tantangan bagi jurnalistik dan fotografer tidak hanya bisa menghasilkan foto yang menarik, namun bisa memanfatkan multimedia dari kamera itu sendiri yaitu memuat foto dan video dengan memperhatikan entirean, detail, fram dan angel dan time.

Sehingga fotografer bisa menghasilkan foto yang bernilai dan menarik. “Tantangan tidak cuma menghasilkan foto tapi multimedia, membuat vidio dari kamera tersebut,” terangnya.

Selain itu panitia menyiapkan lomba reel foto dengan tema pameran HPN Expo, diberikan waktu selama 1/2 hari kemarin (8/2) dan akan diseleksi oleh panitia untuk ditampilkan di stand LKBN Antara di HPN Expo.

“Panitia juga menyiapkan lomba relly foto untuk di panjang di HPN Expo, siapa pemenangnya nanti akan mendapatkan hadiah yang menarik,” ujar Bambang Triyono.

Salah seorang peserta Worskhop fotografer dan Jurnalistik, Jaja (28) PNS Kanwil Depag Provinsi Bengkulu mengatakan ia sangat tertarik belajar fotografer meskipun ia bukan seorang wartawan.

“Saya hobi moto, dan dengan mengikuti Worskhop ini akan menambah pengalaman dalam pengambilan engel, topik serta teknis memoto yang baik dan benar,” terangnya.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *