Warga Bengkulu Dilarang Bakar Sampah

Oleh Tgl: February 19, 2014
Bakar Sampah

Apalagi sampai dibakar sehingga akan mengakibatkan efek rumah kaca dan lingkungan akan tercemar

Iskandar Zo

BENGKULU – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu Iskandar Zo mengingatkan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan sekaligus mengendalikan sampah warga Bengkulu dilarang membakar sampah.

“Apalagi sampai dibakar sehingga akan mengakibatkan efek rumah kaca dan lingkungan akan tercemar,” katanya.

Menurut Iskandar, membakar sampah bukan cara terbaik untuk mengendalikan keberadaannya. Sebab membakar sampah sudah dilarang dengan mengacu pada aturan lingkungan hidup yaitu langit bersih bebas asap atau langit hijau.

Dikatakan dia, pengendalian sampah dengan membakar yang biasa warga lakukan harus segera ditinggalkan sebab cara penanggulangan sampah yang baik bukan dengan dibakar, tetapi  dimanfaatkan sedemikian rupa agar bisa berdaya guna seperti diubah menjadi biogas.

“Bahkan jika dikelola dengan teknologi yang ada, keberadaan sampah itu bisa menjadi sumber energi listrik baru bagi Pemerintah,” tukasnya.

Dikatakan dia, berkaitan dengan pengendalian sampah saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan KADIN Bengkulu juga telah melakukan ujicoba di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang hasilnya sampah  bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bermanfaat.

“Keberadaan sampah jika tidak dimanfaatkan secara optimal, justru sampah akan menjadi masalah bagi warga itu sendiri,” demikian Iskandar.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *