Walikota salurkan 350 Juta Dana Samisake Untuk 145 KK

Oleh Tgl: February 4, 2014
Helmi

Meski tidak besar belum mencapai satu milyar tetapi inilah bentuk nyata dari APBD untuk rakyat. Saya berharap dana bergulir ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat

H. Helmi Hasan SE

BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu Selasa (4/2) kembali menyalurkan Dana Bergulir Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Jalan Mangga V Kelurahan Sidomulyo.

Pada penyaluran Dana Samisake kali ini diungkapkan Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan SE dana yang disiapkan pemkot untuk penyaluran Samisake  di kelurahan ini sebesar 350 juta dengan menembak 145 Kepala Keluarga.

“Meski tidak besar belum mencapai satu milyar tetapi inilah bentuk nyata dari APBD untuk rakyat. Saya berharap dana bergulir ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” katanya pada saat menyampaikan sambutan dihadapan warga yang sejak tadi antusias untuk mendapatkan dana dengan bunga 0,5 persen perbulan itu.

Dikatakan Helmi dana Bergulir Samisake ini selain dapat mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan yang ada di Kota Bengkulu, tujuan lainnya yakni membebaskan masyarakat akan masalah modal yang biasa dipinjam di Bank maupun rentenir dengan bunga mencekik.

“Ada harapan saya dengan dana ini penerima manfaat dapat mengembangkan usahanya atau membuat usaha baru. Karena saya paham betul ketika samisake dilahirkan dari perjalanan selama 3 bulan saya dari satu rumah ke rumah warga kota, saya mengetahui mereka terbebani oleh tingginya bunga bank dan pinjaman rentenir, kalau seperti itu bagaimana masyarakat bisa mengembangkan usahanya,” tambah Helmi.

Menurut Helmi meski berasal dari APBD dan semua warga bisa mengajukan permohonan pinjaman dana ini. Akan tetapi tetap ada prosedur dan seleksi untuk mendapatkan dana ini yakni dengan melukan permohonan oleh LKM (Lembaga Keuangan Mikro).

“Dari awal sudah kami tekadkan 67 milyar saya niatkan APBD untuk rakyat. Itu duit cash yang diberikan untuk rakyat dengan tujuan kedepan bisa membuka 50ribu pekerjaan baru, makanya saya sering mengingatkan bahwa dana tersebut diberikan kepada mereka yang benar-benar ingin berusaha atau membesarkan usaha,” tambahnya.

Helmi yang didampingi dengan Asisten II Pemkot Facrudin Siregar, Kepala Dinas Koperasi Pembinaan Usaha Kecil Mikro dan Menengah Kota Bengkulu, Erwan Syafrizal SE, Kepala UPTD Samisake beserta staf humas pemkot juga menyampaikan beberapa motivasi yang kemudian bisa dijadikan contoh oleh warga Sidomulyo.

“Seperti Siomay Mandiri yang berada di Tanah Patah, awalnya itu hanya pekerjaan sampingannya saja. pekerjaan inti nya adalah buka jahitan, awalnya mereka meminjam dana di Bank untuk membuka outlet kedua.  Kita juga bisa, setelah dana ini bermanfaat dan ketika warga ingin mengembangkan usahanya pemkot menyediakan dana KUR dengan  suku bunga 12 persen untuk 1 tahun,” tambahnya.

Sementara, Lurah  Sidomulyo Aini mengatakan minat warganya sangat banyak untuk mendapatkan Samisake karenanya pihaknya juga sempat kerepotan untuk menyeleksi pendaftar. Pihaknya juga sudah didukung oleh adanya Koperasi wanita Sidomulyo yang mengembang usaha masyarakat ini.

“Kita dikelurahan dengan Luas 300 Ha, Jumlah penduduk 13.000 orang telah diseleksi dan terdapat 145 KK yang sudah bisa mendapatkan dana Samisake. Kemudian pinjaman warga kami yakni paling kecil 1 juta dan Paling besar 2 juta,” tambahnya.

Disisi lain penerima Samisake Siti alifah (35 tahun) mengatakan dirinya meminjam dana sebesar 2 juta untuk mengembangkan usahanya dengan harapan usaha manisan yang dia geluti dapat berkembang.

“Alhamdulillah ada program seperti ini saya berharap kedepan usaha saya akan lebih maju dan berkembang lagi,” tutupnya.(sey/adv)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *