Walhi : Caleg Perusak Pohon Tidak Patut Dipilih

Oleh Tgl: February 28, 2014
Caleg

Itu adalah ciri caleg yang tidak peduli lingkungan berkelanjutan dan tidak mendukung lingkungan berkelanjutan WALHI berharap tidak memilih orang seperti itu

Benny Ardiasyah, SIp

BENGKULU – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bengkulu meminta masyarakat untuk mempertimbangkan memilih caleg yang dinilai tidak ramah lingkungan.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bengkulu Benny Ardiasyah, SIp menurutnya salah satu ciri caleg yang tidak ramah lingkungan adalah dengan memasang poster dirinya selaku calon anggota legislatif (caleg) pada pohon-pohon yang ada disekitar lingkungan.

“Kita sangat prihatin dengan banyaknya poster, spanduk atau atribut kampanyelah yang dipaku di pohon-pohon, Itu adalah ciri caleg yang tidak peduli lingkungan berkelanjutan dan tidak mendukung lingkungan berkelanjutan WALHI berharap tidak memilih orang seperti itu,” kata Benny kepada bengkuluonline.com, Jum’at (28/2) petang.

Menurut Benny dengan dipasangnya atribut kampanye di pohon akan menyebabkan Kerusakan pada pohon yang merupakan sumber oksigen itu. Terlebih di Provinsi Bengkulu persoalan lingkungan seperti perambahan hutan konservasi dan pencemaran di aliran sungai sudah marak terjadi.

“Jangan sampai caleg ini memperparah kondisi lingkungan kita,” tuturnya.

Benny  mememinta para caleg ini untuk tak merusak keberadaan pepohonan. Sebab kata Penggiat dan pemerhati lingkungan ini ada aturan yang dilanggar jika para caleg masih memasang atribut kampanye di pohon-pohon.

“Sebenarnya tidak boleh  karena sudah ada UU no 32 tentang lingkungan hidup yang mengaturnya. Dan karena itu upaya merusak lingkungan dapat dikaitkan dengan UU 32 digolongkan pidana jika mengacu UU 32 tahun 2009,” terangnya.

Karena itu, Walhi mememinta pimpinan partai politik (parpol) atau calon perseorangan agar segera membersihkan atribut kampanye yang dipakukan pada pohon.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *