Sumber Air Minum Bengkulu Tercemar Bakteri E-Coli

Oleh Tgl: February 26, 2014
Air Tercemar

Aliran sungai tersebut, mengandung bakteri e coli dalam kadar tinggi, dan tidak baik untuk kesehatan

Iskandar ZO

BENGKULU  – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu Iskandar ZO mengungkapkan enam sumber air minum yang ada di Provinsi Bengkulu tercemar dan positif mengandung bakteri E Coli dalam kadar tinggi.

Aliran sungai yang tercemar tersebut, katanya, yakni DAS Air Bengkulu, Air Nelas, Air Padang Guci Kaur, Air Manna, Air Selagan dan Air Masno.

“Aliran sungai tersebut, mengandung bakteri e coli dalam kadar tinggi, dan tidak baik untuk kesehatan,” katanya, kemarin.

Padahal, kata dia 6 Daerah Aliran Sungai (DAS) itulah yang menjadi sumber utama air minum daerah di Provinsi Bengkulu.

“Aliran sungai tersebut tercemar akibat limbah sampah rumah domestik dari lingkungan masyarakat yang berada di dekat aliran sungai,” katanya.

Ia mengatakan, meski telah tercemar, air dari aliran sungai tersebut tetap dikonsumsi oleh masyarakat setempat.”Padahal, dari uji laboratorium, kadar pencemarannya sudah sangat tinggi dan berbahaya bagi kesehatan,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat dapat menjaga kebersihan aliran sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Sehingga aliran sungai dapat terjaga dan bebas dari limbah domestik,” pungkasnya.

Mengingat proses yang dilakukan perusahaan air minum dengan menjernihkan air yang diambil dari aliran tersebut, tidak membunuh bakteri yang terkandung dalam air tersebut.

“Karena, pengolahannya hanya mengendapkan kotorannya saja, sementara, bakteri yang terkandung didalamnya berukuran kecil dan tidak ikut tersaring,” tutupnya.(Sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *