Sidak 16 Jenis Makanan Anak SD, BPOM Tidak Temukan Zat Berbahaya

Oleh Tgl: February 12, 2014
1

Ada 16 item sampel jajanan yang diambil untuk diuji kandungan bahan makanannya. Itu semua tidak ditemukan zat berbahaya

Sastra

BENGKULU – Balai Pengawas Obat Dan Makanan ( BPOM ) Bengkulu kembali melakukan inspeksi mendadak alias sidak, Kali ini sidak difokuskan pada jenis makanan-makanan yang dijajakan untuk anak-anak Sekolah Dasar.

Inspeksi mendadak yang dilakukan Rabu (12/2) pagi oleh BPOM pertama kali dimulai di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kota Bengkulu. Dari pantaun setiba di sekolah sejumlah staf dan kasi BPOM langsung mengambil beberapa jenis makanan anak-anak.

Diungkapkan Kasi Sertifikasi Layanan Informasi Konsumen  BPOM Sastra pada sidak ini pihaknya langsung uji laboratorium lapangan untuk mengetahui kandungan makanan berbahaya pada jajanan anak-anak SD.

Hasilnya dari 16 jenis item yang diambil sampelnya yakni seperti, Lontong, Pempek, Es Buah, Bakso Kering, Bakso Rebus, Tahu, Batagor dan lain-lain, tidak ditemukan makanan yang mengandung zat-zat berbahaya.

“Ada 16 item sampel jajanan yang diambil untuk diuji kandungan bahan makanannya. Itu semua tidak ditemukan zat berbahaya,” jelasnya pada Bengkuluonline.com.

Lebih lanjut, Sastra mengatakan sidak ini akan dilaksanan keseluruh sekolah-sekolah di Kota Bengkulu secara kontinu dan berkesinambungan untuk mengantisipasi maraknya penggunaan zat berbahaya kesehatan dipakai oleh penjaja makanan.

Karena menurut dia, jika diulas tahun lalu, sepanjang tahun 2013 terjadi penurunan jumlah pedagang yang menggunakan bahan-bahan berbahaya.

“Oleh karena itu kita akan meningkatkan pengamanan, untuk para pedagang agar tidak memakai bahan kimia. Adapun bahan-bahan berbahaya tersebut seperti Borak, Formalin, dan Metamillyelow,” tutupnya. (cw1)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *