SBY Rencanakan Kunjungi Korban Gunung Kelud

Oleh Tgl: February 14, 2014
Gunung-Kelud

Kepada BNPB dan Gubernur Jatim ada di lokasi untuk pimpin langsung kegiatan tanggap darurat, dengan prioritas penanganan pengungsi

Susilo Bambang Yudhoyono

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Kepala BNPB Syamsul Maarif, Gubernur Jatim Soekarwo, serta TNI dan Polri untuk melakukan kegiatan tanggap darurat dan membantu masyarakat secara aktif di lapangan terkait dengan letusan Gunung Kelud, Jawa Timur. Direncanakan SBY juga akan mengunjungi lokasi bencana tersebut.

“Kepada BNPB dan Gubernur Jatim ada di lokasi untuk pimpin langsung kegiatan tanggap darurat, dengan prioritas penanganan pengungsi,” tulis Presiden SBY melalui akun twitter resminya @sbyudhoyono dengan tanda *SBY*, Jumat (14/2) pagi.

Dari intruksi tersebut satuan TNI telah dikerahkan untuk membantu kegiatan tanggap darurat. Presiden mengatakan bahwa kegiatan tanggap darurat sedang dilaksanakan. Kegiatan pencegahan korban sebelum letusan Gunung Kelud terjadi, juga sudah dilakukan. “Alhamdulillah korban jiwa dapat dihindari, meskipun situasinya belum aman benar dan masih terus dilakukan pemantauan secara aktif. Radius 10 km telah dikosongkan,” SBY menjelaskan.

Menurut laporan yang diterima Kepala Negara, hingga tadi pagi jumlah pengungsi sudah mencapai sekitar 200 ribu orang yang tersebar di wilayah Kediri, Blitar, dan Malang. Berkaitan dengan ini, maka pagi ini SBY akan pimpin rapat khusus membahas penanganan letusan Gunung Kelud. “Mengingat besarnya pengungsi dan sebaran abu yang mencapai Surabaya dan Madiun, pagi ini saya pimpin rapat agar tanggap darurat berjalan baik,” kata SBY.

Selain itu, Dikutip dari web resmi kepresidenan SBY juga menekankan bahwa sama halnya dengan penanganan erupsi Gunung Merapi, Sinabung, dan gunung-gunung lain, pemerintah pusat akan membantu anggaran dan logistik. SBY juga berencana akan berkunjung ke lokasi bencana. “Saya berencana berkunjung ke lokasi bencana. Namun sekarang konsentrasi saya, BNPB, Pemda Jatim, TNI dan Polri untuk tanggap darurat dulu,” Presiden mengungkapkan.

Untuk diketahui siaran pers yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Gunung Kelud dipastikan meletus pada pukul 22.50 WIB, Kamis 13 Februari 2014, malam. Gunung Kelud yang terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur ini tercatat sebagai salah satu gunung teraktif di Jawa Timur.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *