SBY : Media, Berilah Ruang Yang Adil Untuk Semua Calon Presiden

Oleh Tgl: February 9, 2014
edit (2)

Pemilik modal kontrol dari kekuasaan terhadap kehidupan demokrasi itu buruk sama buruknya pemilik media ketika masuk ke pemilu

Susilo Bambang Yudhyono

BENGKULU – Presiden RI Susilo Bambang Yudhyono mengingatkan seluruh media yang ada di Indonesia di tahun politik ini untuk bisa adil dalam melakukan pemberitaan.

Dikatan SBY sebagai pemilik media, meski memiliki hak memilih dan dipilih sebagai WNI akan tetapi tidak dipungkiri keputusan untuk melibatkan diri ke pemilu merupakan hal yang sangat berpengaruh.

“Pemilik modal kontrol dari kekuasaan terhadap kehidupan demokrasi itu buruk sama buruknya pemilik media ketika masuk ke pemilu,” kata SBY dalam sambutannya, Sabtu (9/2) di Benteng Malabrough.

Dikatakan dia, hal ini akan sangat mempengaruhi profesionlisme pers dalam menyampaikan dan mengabarkan informasi.

“Saya sampaikan ini bagian dari dinamika masyarakat kita. Rasanya relavan untuk saya sampaikan pada peringatan HPN ini,” tambahnya.

SBY yang hadir didampingi beberapa menteri menyampaikan beberapa pesan untuk pers Indonesia.”Pertama kita sering dengar, nasionalisme dan patriolismenya yang tinggi. Meskipun bangsa sendiri kalaupun salah ya tetap salah. Benar atau salah adalah negara kita mari kita jaga jangan sampai salah,” katanya.

Dikatakan dia, pers menghormati pengadilan dan sebaliknya, itu semua untuk rakyat. “Yang paling penting adalah itikad pers. Di tahun-tahun terakhir kepemimpinan saya, pers memang tidak bersahabat dengan saya. Serangan – serangan tidak hanya pada saya tetapi juga kepada keluarga dimana kami diangkat dan diserang,” jelasnya.

Lebih jauh lagi itikad baik pemberitaan memang sangat berperan penting bagi SBY terutama dalam pembangunan 10 tahun kepemimpinannya. Semangat anti fitnah pers bagi SBY, harus ditegakkan dan kemerdekaan pers adalah pupuk demokrasi, sebab pencemaraan nama baik adalah hama demokrasi.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *