Ratusan Turis Asal Inggris Ziarah Ke Makam Nenek Moyang

Oleh Tgl: February 11, 2014
Turis

It’s first time, I come for Bengkulu city. I think this is very make me spellbound, (Ini pertama kali saya ke Bengkulu, saya pikir ini sangat mempesona)

Andersson Olle

BENGKULU – Setelah kurang lebih 45 menit mengungjungi Benteng Marlborough, 4 bus Putra Rafflesia yang membawa 107 rombongan turis bergeser  mengunjungi lokasi tour terakhir di Makam Inggris, Kota Bengkulu.

Cagar Budaya Makam Inggris yang dilindungi UU No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang sepi senyam ini sontak tiba-tiba ramai setelah bus yang membawa turis Inggris berhenti dan langsung mengerumuli bunga mawar putih yang kemudian diambil untuk dipersembahkan ke setiap makam nenek moyang mereka.

Tour Operator Kapal dari Cruise Asia, Metto mengatakan setelah berziarah dan berdoa untuk orang Inggris yang meninggal di Kota Bengkulu, turis-turis ini langsung akan meninggalkan Kota Bengkulu menuju ke Jakarta kemudian ke Flores.

“Karena waktunya sangat mepet, kita cuma sekitar 45 menit disini, setelah dari Bengkulu kapal akan masuk ke Jawa kemudian ke Jakarta lalu ke Flores,” jelas dia.

Menurutnya, dipilihnya rute Kota Bengkulu untuk masuk ke tujuan wisata Asia karena dinilai para turis banyak asal Inggris sementara kota Bengkulu menawarkan banyak poin – poin bersejarah menarik.”Bengkulu masuk rute perjalanan kami alasannya karena kita yang tawarkan. Sebab sebelumnya tidak ada rute kapal pesiar yang masuk sini,” jelas dia.

Metto mengatakan, perusahaannya sudah mengantar 3 kali tour yang singgah ke Bengkulu dengan orang yang berbeda-beda.

“Kami sudah 3 kali sama ini. Dengan orang berbeda, kita harap kedepan lebih banyak lagi kunjungan, ini untuk lebih mengenal Bengkulu,” kata Tour Guide muda ini.

Disisi lain, Andersson Olle turis asal Swedia merasa terpesona akan sajian poin-poin sejarah Inggris di Kota Bengkulu ini.”It’s first time, I come for Bengkulu city. I think this is very make me spellbound, (Ini pertama kali saya ke Bengkulu, saya pikir ini sangat mempesona),” tuturnya.(sey)





3 Comments

  1. gelvin

    February 22, 2014 at 10:29

    Yup makam orang inggris yang ada di bengkulu adalah makan inggris terbesar se asia tenggara tapi saya sangat kecewa karena di pintu masuk makan sangat tidak teruurus banyak tulisan di pintu masuk coret-coretan tangan yang tidak bertanggung jawab, belum lagi kondisi pintu gerbang makan yang kelihatan sudah sangat usang dimana cat pintu gerbang sudah pada kejamuran atau berlumut,harusnya kita malu dong mempertontonkan kondisi makan yang seperti ini,semoga kedepanya makam inggris ini lebih terawat ya

  2. chandrawati

    February 26, 2014 at 13:17

    Untuk Andersson Olle turis asal Swedia yang merasa terpesona dengan makam Inggris yang ada di Bengkulu, jika anda datang sekali lagi, didepan makam Inggris akan ada warung kopi “Bengculen copee ” yg akan menyajikan macam2 kopi dari berbagai negara disajikan scr prfesional dan ala tempo duloe pemiliknya adalah orang bule (Jerman)yg nikah dengan gadis Bengkulu,pasti anda akan lebih terpesona lagi(hehehe..promosi 😉

  3. Coffe Freak

    February 26, 2014 at 13:25

    @ chandrawati : lokasinya persis didepan makan? klo gak salah itu ada per3an ? boleh juga tuh Bengculen copee dicoba 🙂

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *