Politik Uang, Masyarakat Dianjurkan Lapor KPU

Oleh Tgl: February 2, 2014
politik-uang

Kami ingin Pemilu ini berkualitas, jadi kalau ada yang berupaya menciderai semangat demokrasi yang sudah kita bangun bersama agar dibasmi

Darliansyah

BENGKULU – Politik uang , salah satu praktik busuk yang dikhawatirkan banyak pihak dapat mengancam pelaksanaan pemilihan umum 9 April 2014.

Dilatar belakangi hal tersebut dan juga berbahayanya praktik politik uang tersebut tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kemurnian dari proses pelaksanaan pemilu. Ketua KPU Kota Bengkulu Darliansyah mengimbau warga Kota Bengkulu agar melaporkan pelaku politik uang atau “money politic” dalam masa kampanye terbatas.

“Kami imbau dan minta dengan serius kepada masyarakat yang mengetahui adanya politik uang agar segera laporkan ke KPU,” katanya, Minggu (2/2).

Ia mengatakan itu terkait maraknya isu politik uang yang melibatkan oknum Ketua RT, bahkan petugas penyelenggara Pemilu. Menurutnya, selain dapat melaporkan ke KPU, masyarakat juga bisa melapor ke polisi.

“Kami ingin Pemilu ini berkualitas, jadi kalau ada yang berupaya menciderai semangat demokrasi yang sudah kita bangun bersama agar dibasmi,” katanya menegaskan.

Darliansyah mengatakan menjadi peran semua pihak untuk mengawasi dan bila ada transaksi politik uang agar segera dipidanakan bahkan kalau sampai keendus isu-isu tentang praktik politik uang dalam setiap pesta politik sekalipun harus diselidiki.

Dalam penyelenggaran Pemilu 2014 menurutnya ada beberapa pihak yang patut diawasi, pertama adalah penyelenggara pemilu itu sendiri.

“Petugas penyelenggara pemilu baik KPU dan penyelenggara hingga tingkat panitia pemungutan suara, bisa juga pengawas pemilu,” ujarnya.

Pihak kedua yang perlu diawasi adalah caleg secara langsung, maupun tim sukses caleg. Menurutnya, seluruh komponen masyarakat mempunyai kepentingan yang sama yakni terselenggaranya pemilu yang berkualitas, jujur, bersih, mandiri sehingga menghasilkan anggota legislatif yang aspiratif.

“Mari kita awasi bersama-sama, kalau ada yang berbuat curang segera ditindak,” katanya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *