Pertumbuhan Industri Manufaktur Mikro Bengkulu Naik 8,25 Persen

Oleh Tgl: February 15, 2014
Makanan BPS

Sedangkan industry yang mengalami pertumbuhan positif yang terbesar, tetapi dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki (KBLI 15), Industri makanan (KBL 10)

Zulfikar

BENGKULU – Ini kabar gembira untuk penggiat ekonomi mikro, pasalnya berdasarkan berdasarkan rilis BPS Februari 2014 pertumbuhan industri manufaktur mikro dan kecil (IMK) Triwulan IV 2013 bergerak positif mengalami peningkatan menjadi 8,25 persen.

“Dibandingkan periode sebelumnya atau q-to-q terjadi peningkatan,” Kepala Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu Zulfikar.

Zulfikar mengatakan kondisi tersebut menunjukkan bahwa bahwa secara keseluruhan pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil mengalami peningkatan cukup signifikan disbanding dengan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar -3,47 persen.

Menurutnya kenaikan produksi industri manufaktur mikro dan kecil tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya secara signifikan pertumbuhan industri pakaian jadi (KBLI 14), industry kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furniture) dan barang anyaman dari bamboo, rotan dan sejenisnya (KBLI 16), industry makanan (KBLI 10), danindustri barang galian bukan logam (KBLI 23).

Kendati demikian, Zulfikar mengatakan ada beberapa industri yang mengalami pertumbuhan paling besar pada triwulan keempat ini.

“Sedangkan industry yang mengalami pertumbuhan positif yang terbesar, tetapi dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki (KBLI 15), Industri makanan (KBL 10),” jelasnya.

Sedangkan industry yang turun adalah industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia dan industri yang tetap mengalami penurunan.”Namun, jika dilihat dari pertumbuhan produksi triwulan antar tahun, pertumbuhan produksi IMK triwulan IV Provinsi Bengkulu juga mengalami pertumbuhan negative sebesar -0,59 persen,” tutupnya.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *