Pers Sehat Rakyat Berdaulat, Ini 3 Kriterianya

Oleh Tgl: February 7, 2014
bagir manan oke

Pertama, pers sehat itu harus merdeka atau bebas dari intervensi. Jika ada pihak yang membatasi media maka bertentangan dengan prinsip kebebasan pers

Bagir Manan

BENGKULU – Ketua dewan pers, Bagir Manan mengatakan ada tiga kriteria yang harus dimiliki media massa atau pers, sehingga dapat dikatakan pers sehat dan rakyat berdaulat seperti tema yang diusung pada Hari Pers Nasional 2014 di Bengkulu ini.

“Pertama, pers sehat itu harus merdeka atau bebas dari intervensi. Jika ada pihak yang membatasi media maka bertentangan dengan prinsip kebebasan pers,” ujarnya pada lokakarya jurnalistik, Jum’at (7/2) di Ruang Aula Utama Universitas Bengkulu.

Selanjutnya Manan yang hadir untuk mengisi materi lokakarya dengan tema “Mewujudkan Indonesia Informatif Melalui Literasi Media Dalam Membaca Berita Kampanye Pemilu dan Manfaat Media Sosial” kriteria lain yakni profesionalisme pers.

“Kedua, yakni harus profesional dengan menganut unsur-unsur integritas, pengetahuan yang luas dan nilai-nilai kode etik yang ditaati,” jelas dia.

Sementara, kriteria terakhir menurutnya yakni komitmen suatu media masa untuk memenuhi kepentingan publik.

“Sedangkan kriteria ketiga adalah media massa harus komitmen terhadap sifat alamiah dimana pers merupakan institusi sosial dan kedepankan kepentingan publik,” jelasnya dalam lokakarya yang dipadati oleh mahasiswa, para jurnalis, akademisi dan unsur masyarakat tersebut.

Untuk diketahui pada acara lokakarya ini dihadiri oleh Menkominfo Tifatul Sembiring, Ketua Dewan Pers Prof Dr Bagir Manan, Rektor Universitas Bengkulu Prof. Ir. Zainal Muktamar, Priyambodo (PWI), dan AA Ariwibowo (Redaktur Antara) selaku pemateri.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *