Pengamanan Pemilu, Polda Gelar Pelatihan Selama 3 Hari

Oleh Tgl: February 12, 2014
polisi

Hari ini kita masih gelada, tahun ini merupakan tahun politik, untuk besok dilakukan latihan pengamanan pemilu simulasi selama 3 hari

AKBP Heri Wiyanto,SH

BENGKULU  – Pengamanan Pemilu 09 April 2014 mendatang, jajaran Polda Bengkulu akan mengelar pelatihan pengamanan pemilu legislatif DPD,DPR,DPRD tahun 2014, bertempat di Jalan Pembangunan depan Kantor Gubernur Bengkulu, mulai hari Kamis-Sabtu (13-15/2).

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs.Tatang Soemantri,MH melalui Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Heri Wiyanto,SH mengatakan ini dilakukan karena diketahu 2014 adalah tahun politik yang harus diamankan kondusifitasnya.

“Hari ini kita masih gelada, tahun ini merupakan tahun politik, untuk besok dilakukan latihan pengamanan pemilu simulasi selama 3 hari,” ujarnya kepada awak media,Rabu (12/2).

Dikatakannya untuk mengawasi jalannya pelatihan ada asistensi dari Mabes Polri yaitu Asop Polri  Irjen Pol Fajrudin Haiti langsung melakukan pengecekan, dan kegiaatan atau ancaman yang timbul pada saat pemilu sekaligus pelatihan anggota di TPS, bagaimana simulasinya petugas  berbuat apa, sehingga diterjunkan sudah aman.

“Mengantisipasi  tindakan demonstran yang anarkis kita sudah melalui SOP, dan anarkis tidak mesti ribut dan pengamanan juga bertahap, kita sudah ada sop himbauan terlebih dahulu, jumlah intinya seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan pemilu,” terangnya.

lebih lanjut dia mengatakan pengamanan selain pada TPS, KPU, Panwas juga akan diterapkan pengamanan di kantor penyelengara pemilu yaitu  KPU, Panwaslu. Dan untuk memastikan ini Asop Kapolri akan mengecek beberapa wilayah diluar Kota Bengkulu seperti Bengkulu Utara,Lebong, dan Kepahiang.

“Kantor penyelengara pemilu sudah pasti kita amankan, KPU,Bawaslu, Panwaslu hingga di tingkat KPPS saat pemungutan suara dan penghitungan suara itu sangat rawan sekali,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *