Pemprov Bengkulu Targetkan Kelulusan UN Capai 95 Persen

Oleh Tgl: February 20, 2014
Rusdi Bakar

Tahun kemarin 98 persen, kita tahun ini jadilah kisaran 90 sampai 95 persen tingkat kelulusan. Kita tidak usah muluk-muluk tapi kita siap untuk hal itu

Rusdi Bakar

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu optimis target kelulusan  siswa pada Ujian Nasional (UN) tahun 2014 ini bisa mencapai  95 persen dari peserta ujian.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Rusdi Bakar, Kamis (20/2) di Hotel Horizon.” Bicara target, saya kira antara 90 sampai 95 persen angka kelulusan,” katanya usai membuka acara sosialisasi UN.

Rusdi mengatakan, dirinya optimis target tersebut bisa dicapai mengingat sudah banyak strategis yang sudah dilakukan Dispendikprov dalam hal mempersiapkan anak didik untuk mengikuti UN, apalagi target UN tahun ini jauh lebih rendah dari tahun kemarin yang menargetkan kelulusan sampai 98 persen.

“Tahun kemarin 98 persen, kita tahun ini jadilah kisaran 90 sampai 95 persen tingkat kelulusan. Kita tidak usah muluk-muluk tapi kita siap untuk hal itu,” tambahnya ketika ditanya wartawan.

Jika berkaca dari target tahun sebelumnya yang dipasang tinggi namun berbanding terbalik dengan hasil siswa dimana terjadi kemerosotan tingkat kelulusan siswa. Rusdi berharap agar nilai rata-rata siswa SMA/aliyah, SMP/MTS pada UN nanti bisa lebih meningkat dibanding tahun lalu.

Lebih jauh, Rusdi mengatakan meski tingkat kesulitan UN tahun ini meningkat dan sistim yang digunakan menggunakan sistem zona. Pihaknya tidak menghkawatirkan kondisi tersebut.

“Pertama kami informasikan supaya seluruh penyelanggara mulai dari dinas kepala sekolah masyarakat supaya mengantar anaknya siap dalam segala hal khususnya belajar agar dapat lulus dengan baik. Salah satu langkah untuk mencapai target UN adalah melalui sosialisasi seperti ini yang melibatkan banyak elemen,” tutupnya.

Untuk diketahui berdasarkan data sementara Dispendikprov, jumlah peserta UN SMA tahun ini 15.232 peserta didik dan tingkat SMK 7.910 peserta didik. (Sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *