Pemkot Resmikan PBB-P2 Dari Pemerintah Pusat

Oleh Tgl: February 19, 2014
Pemkot

Sejak 1 Januari 2014 telah dilaksanakan pengalihan tanggung jawab pengelolahan pajak dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah

Syaferi Syarif, SH.M.Si

BENGKULU –  Walikota Bengkulu H.Helmi Hasan, SE secara resmi menerima penyerahan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dari pemerintah pusat ke pemerintah Kota Bengkulu.

Launching ini digelar langsung dihalaman Kantor Dinas Pendapatan,Pengelolahan Keuangan dan Aset (DPPKA), Jalan Sungai Rupat, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu, Selasa siang (18/2).

Kadis PPKA Syaferi Syarif, SH.M.Si mengatakan selama ini system pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan melalui Bank Bengkulu, namun sekarang sejak keluarnya peraturan perundang-undangan yang baru pembayaran dan pengurusan seluruh administrasi yang berkaitan dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) diambil alih oleh Pemerintah Kota Bengkulu melalui bagian DPPKA.

“Bahwa hari ini launching PBB-P2 menindak lanjuti Undang-Undanga Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Sejak 1 Januari 2014 telah dilaksanakan pengalihan tanggung jawab pengelolahan pajak dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah,” jelasnya.

Menurutnya sejak dilaunching respon dari masyarakat sangat baik terhitung sejak 01 Januari 2014 sampai sekarang sudah melakukan pelayanan lebih kurang kepada 300 orang untuk membayar pajak.

Sementara, Kepala kantor pelayanan Pajak Pratama Rusdi Md menyampaikan pergantian tanggung jawab PBB-P2 ini merupakan amanah.

“Ini untuk memajukan otonomi daerah oleh sebab itu tanggung jawab ini diberikan pada pemerintah daerah untuk mengelolah hasil dari daerah itu sendiri,” katanya.

Disisi lain, Walikota Bengkulu H.Helmi Hasan,SE mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar mendukung pembangunan daerah dengan tidak lupa membayar pajak.(cw1/adv)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *