Panwaslu : Simulasi Mekanisme Pemungutan Suara Penting

Oleh Tgl: February 22, 2014
panwaslu111

Saat ini pemilu legislatif 2014 hanya tinggal beberapa hari lagi, sehingga penting bagi masyarakat perlu mengetahui dan memahami mekanisme pemungutan suara

Wahyu Handono

BENGKULU  – Divisi Pengawasan Panwaslu Kota Bengkulu Wahyu Handono mengungkapkan simulasi mekanisme pemungutan suara pada pemilu 2014 sangat penting karenanya Panwaslu mendesak KPU Kota Bengkulu untuk segera melakukan simulasi tersebut.

“Saat ini pemilu legislatif 2014 hanya tinggal beberapa hari lagi, sehingga penting bagi masyarakat perlu mengetahui dan memahami mekanisme pemungutan suara,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan dilakukannya simulasi tersebut, maka diharapkan masyarakat dapat mengetahui proses pemungutan suara.

“Sehingga meminimalkan kesalahan dalam pemungutan serta penghitungan surat suara sah maupun tidak sah, karena semua masyarakat dapat menjadi saksi saat perhitungan suara pada saat hari pemungutan suara nanti,” katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat harus tahu seperti apa cara mencoblos yang benar, dan penyelenggara serta peserta pemilu pun juga harus memahami surat suara yang sah dan yang dinilai tidak sah agar pada waktu penghitungan persepsi penyelenggara dan peserta sama,” jelasnya.

Menurutnya, perselisihan maupun konflik pada penyelenggaraan pemilu diidikasikan kurangnya pemahaman tentang suara sah dan tidak sah apalagi dari kasus sebelumnya, banyaknya suara yang tidak sah biasanya karena kurangnya informasi tentang cara mencoblos.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *