Menkominfo Harap Bengkulu Jadi Cyber Province

Oleh Tgl: February 8, 2014
Menkominfo

Supaya tidak kalah dengan daerah-daerah lain. Supaya anak-anak sini berjualan melalui internet karena tersebar ke seluruh dunia, orang bisa jadi tahu, termasuk pariwisatanya

Tifatul Sembiring

BENGKULU – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring berharap Bengkulu bisa menjadi  cyber province. Karenanya Tifatul meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu membuka Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai salah satu cara untuk menjadikan Bengkulu Cyber Province.

“Supaya tidak kalah dengan daerah-daerah lain. Supaya anak-anak sini berjualan melalui internet karena tersebar ke seluruh dunia, orang bisa jadi tahu, termasuk pariwisatanya,” katanya, Sabtu (8/12)

Apalagi, kata Anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, jumlah IP adress (alamat protokol internet) di seluruh Indonesia di tahun 2013 sudah mencapai 72 juta. Dia menghitung, jika rata-rata satu cabang IP adress digunakan dua orang, berarti terbilang 144 juta orang menggunakan internet.

Tifatul menegaskan, jumlah tersebut merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan mengingat industri kreatif dan pariwisata di Bengkulu cukup kaya. Salah satu yang perlu dilakukan adalah menawarkan keindahan dan keunikan khas Bengkulu di dunia maya.

“Tinggal koperasi-koperasi itu disambungkan dengan IT (teknologi informasi). Sebab, sekali kita tersambung ke internet kita akan tersambung secara global,” ujarnya.

Bengkulu jangan sampai seperti katak di bawah tempurung, kata Tifatul. Potensi besar yang bakal meningkatkan ekonomi masyakarat Bengkulu harus diperkenalkan kepada dunia luar.

“Orang harus diundang datang ke sini, sehingga orang bawa uang, belanja, pakai hotel di sini, orang beli souvenir di sini. Uangnya dibelanjakan untuk makan orang Bengkulu, ini akan meningkatkan ekonomi Bengkulu,” tambahnya.

Karena itu, penyelenggaraan HPN 2014 harus dijadikan momentum untuk membuka isolasi yang selama ini membelenggu Bengkulu. “Inilah peluang pemasaran bagi Bengkulu, ini anugerah juga HPN ke-68 diadakan di sini,” tutup Tifatul. (sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *