Lari Sehat Bukan Sekadar Gaya-gayaan

Oleh Tgl: February 4, 2014
Lari...its-fun

Sekarang ini lari tidak lagi menjadi olahraga tetapi tren sehingga orang berlomba-lomba melakukannya. Namun, alangkah sayangnya jika lari yang seyogianya bisa memberi manfaat lebih bagi kesehatan hanya dilakukan sekadarnya saja. Maksimalkan lari Anda dengan melakukan persiapan berikut ini :

1. Catatan Buat Pemula

Bagi Anda yang belum pernah mengikuti 10K atau 5K sebelumnya dan berencana turut salah satu dari nomor tersebut, ada baiknya Anda memulainya dengan membuat jadwal rutin berlari setidaknya 2-3 kali seminggu.

2. Jarak dan Waktu

Jangan memaksakan diri untuk langsung melakukan lari 5K. Mulailah dengan jarak yang pendek, misalnya berlari satu atau dua putaran sembari diselingi jalan. Baru ditambah pelan-pelan. Demikian juga dengan penambahan durasinya.

3. Hindari Makan

Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berat 30 menit sebelum lari. Bahkan, disarankan untuk tidak mengisi perut dengan makanan—kecuali pisang. Makan sebelum lari hanya akan membuat perut Anda terasa penuh, mual dan bisa menyebabkan muntah.

4. Perlengkapan Lari

Memang, sepatu yang dikhususkan untul lari lebih nyaman digunakan. Jika niat Anda memang untuk sehat, tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli perlengkapan lari.

Kaos yang menyerap keringat dan sepatu olahraga biasa sudah lebih dari cukup untuk menemani Anda menguras keringat.

5. Konsisten

Penting untuk konsisten dan bukan angin-anginan. Apalagi menunggu teman dulu baru kembali memulai lari, terutama hanya mencari keriaan di tengah perhelatan lari. Merutinkan diri akan membuat Anda butuh sehingga ketika tidak melakukannya akan terasa ada yang kurang sehingga menjadi wajib.

6. Jangan Lari Saat Ajang Saja

Salah jika Anda hanya lari ketika ada ajang 5K atau 10K saja. Padahal yang paling terutama adalah kebiasaan lari Anda sehari-hari. Ajang lari yang Anda ikuti bisa dibilang hanya keriaan sesaat karena “pertandingan” sesungguhnya adalah kesetiaan Anda untuk tetap berolahraga setiap hari.

7. Sensasi Pegal

Adalah hal yang biasa mengalami pegal di betis, lelah badan seusai lari. Dan jangan heran, bila seminggu tidak hilang. Makanya perlu pemanasan yang tepat sebelum lari dan jangan menekuk kaki sehabis lari. Plus, membaluri kaki dengan minyak kayu putih sehabis lari ampuh meringankan efek pegal. (T. Alur)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *