Kunker, Presiden Pantau Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu

Oleh Tgl: February 8, 2014
Edit

Berarti pertumbuhan ekonomi tidak hanya di pusat, tapi juga nyata di daerah

Susilo Bambang Yudhoyono

BENGKULU – Pada kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono saat rangkaian kegiatan HPN, SBY beserta rombongan menyempatkan diri meninjau kawasan Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu.

Namun, sebelum melakukan peninjauan ke kawasan pelabuhan, Direktur PT Pelindo II RJ Lino, Sabtu (8/2) pagi menyampaikan paparan tentang kondisi pelabuhan dan rencana program kerja.

Dimana pihaknya berencana mengeruk  alur pelabuhan sehingga berfungsi optimal. Ia mengatakan kondisi alur masuk pelabuhan Pulau Baai pada 2007 cukup parah sehingga membuat pelabuhan itu nyaris tidak berfungsi.

“PT Pelindo II mengambil alih pengerukan alur dan pada 2012 mulai menunjukkan perubahan positif dimana pasir yang menumpuk di alur sudah dapat disingkirkan. Dan saat ini kedalaman alur mencapai 13 meter dan merupakan pelabuhan terdalam di Pantai Barat Sumatra,” katanya.

Jika alur perbaikan sudah diperbaiki kata dia maka akan berfungsinya secara optimal dimana bobot kapal yang masuk ke Pulau Baai juga semakin tinggi dan saat ini kapal kargo juga dapat dilayani.

Selain melayani batubara curah kering, di pelabuhan itu juga melayani kapal kargo yang membawa berbagai komoditas.

“Termasuk kendaraan roda empat sudah dibawa lewat jalur laut, jumlahnya mencapai 1.500 unit per bulan,” katanya.

Penjelasan Dirut PT Pelindo II itu mendapat tanggapan positif dari Presiden SBY, terutama tentang jumlah kendaraan yang masuk ke Bengkulu.”Berarti pertumbuhan ekonomi tidak hanya di pusat, tapi juga nyata di daerah,” kata Presiden.

Rencana pengembangan Pelabuhan Pulau Baai lanjut RJ Lino akan dilanjutkan bersama dengan PT Jababeka Tbk. Dimana penandatanganan nota kesepahaman PT Pelindo II dan PT Jababeka sudah digelar pada September 2013 lalu, yakni optimalisasi dan pemanfaatan lahan untuk pengembangan fasilitas penunjang Pelabuhan Bengkulu serta kawasan industri dan logistik.
Selanjutnya, setelah mendengar pemaparan dari Dirut PT Pelindo II ditengah guyuran hujan Presiden dan Ibu Negara menggunakan bus meninjau kompleks Pelabuhan Pulau Baai.

Untuk diketahui pada kunjungan kerja kali ini, Presiden didampingi ketua PWI Pusat Margiono, Pemilik Trans Media Chairul Tanjung, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan menteri-menteri lainnya yang hadir namun berada dilokasi yang beda. (sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *