KPU Minta Media Bantu Sosialisasi Pemilu

Oleh Tgl: February 23, 2014
mediamasa

Apalagi saat ini masyarakat perhatiannya terhadap media sudah cukup tinggi baik membaca, mendengar radio maupun menonton televisi

Irwan Syaputra

BENGKULU –  KPU Provinsi Bengkulu terus melakukan sosialisasi dengan berbagai strategi. Kendati begitu KPU juga berharap bantuan dan keterlibatan media untuk turut menyosialisasikan pemilu 9 April 2014 mendatang.

“Kami terus melakukan sosialisasi namun kita juga meminta bantuan media untuk membantu sehingga dapat mendongkrak partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” Kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Syaputra, kemarin.

Pihaknya mengatakan meski dari berbagai survey menunjukkan 90 persen masyarakat akan menggunakan hak pilihnya pada 9 April mendatang namun tidak menutup kemungkinan akan berkurang atau bertambah, karenanya sosialisasi harus dilakukan dari berbagai pihak.

“Kami sampaikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya jangan sampai nanti masyarakat tidak memanfaatkan hak pilih mereka. Dan suaranya tidak dihitung karena batal, sebab itu penekanan kita lakukan terus apalagi menjelang pemungutan suara,” jelasnya.

Dikatakan Irwan, sebagai komponen yang strategis tentunya media diharap dapat membantu dan mendukung KPU dalam sosialisasi pemilu. “Apalagi saat ini masyarakat perhatiannya terhadap media sudah cukup tinggi baik membaca, mendengar radio maupun menonton televisi,” jelasnya.

Sementara untuk penetralan dari pihak media, dia berharap meski membantu pihak media harus tetap professional dan tidak menjadikan medianya sebagai alat politik suatu parpol atau anggota perorangan apalagi sudah ada aturannya yang jelas pada UU no 8 tahun 2012.

“Peraturan media sudah jelas mulai dari pemberitaan sampai iklan. Terkait dengan iklan memang rawan kemudian memicu ketidaknetralan media, UU memberikan batasan yang jelas Spot iklan dan memberikan kesempatan yang sama kepada peserta pemilu. Intinya professional saja,” tutupnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *