KPU : Daerah Perbatasan Rawan Konflik Pemilu

Oleh Tgl: February 22, 2014
Irwan Syaputra Ketua KPU Provinsi

Kalau antisipasi KPU untuk diwilayah Kota Bengkulu tidak begitu khawatir, yang kami kawatirkan itu terjadi konflik di TPS yang berada di kawasan perbatasan karena disinyalir rawan konflik

Irwan Syaputra

BENGKULU – Menjelang pelaksanaan Pemilu bulan April 2014 yang tinggal 45 hari lagi, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Syaputra menyakini proses akan berjalan lancar meski masih menghawatirkan daerah-daerah perbatasan yang rawan terjadi konflik.

“Kalau antisipasi KPU untuk diwilayah Kota Bengkulu tidak begitu khawatir, yang kami kawatirkan itu terjadi konflik di TPS yang berada di kawasan perbatasan karena disinyalir rawan konflik,” jelasnya, Di Madelin Hotel, Sabtu (22/2) petang.

Menurutnya jika dilihat keseluruhan dari wilayah kab/kota Bengkulu maka perbatasan Kabupaten Lebong dengan Bengkulu Utara yang masih terjadi sengketa yakni Kecamatan Padang Bano serta Pulau Enggano menjadi pusat perhatian komisioner.

“Karena disana sangat dekat sekali TPS Kab. Lebong dan Kab. Bengkulu Utara,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi kekhawatiran tersebut pihaknya sangat membutuhkan bantuan pengamanan dari dari polres setempat.

“Karena itu kami sangat membutuhkan bantuan pengamanan dari pihak kepolisian, terutama saat pemungutan suara dimulai hingga penghitungan suara selesai jangan sampai terjadi perebutan suara dari dua kabupaten ini,”kata irwan.

Sebelumnya, Bupati Bengkulu Utara (BU) Dr. Imron Rosyadi sempat menuturkan bahwa selama ini memang polemik tapal batas Bengkulu Utara dan Lebong sarat dengan kepentingan. Akan tetapi sengketa ini dalam waktu dekat akan diputuskan Mendagri dan Kec. Padang Bano akan masuk wilayah kab. BU.

“Karena ada kepentingan di perbatasan itu, sehingga terjadi tarik ulur. Namun dengan keputusan ini, jangan lagi ada kepentingan, misalnya saja ketika pemilu nanti harus terjadi lagi pemilu 2 kali, jelas itu melanggar,” lanjutnya. (sey)

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *