Kab/Kota Diminta Kembangkan Energi Alternatif Dari TPA

Oleh Tgl: February 19, 2014
Iskandar zo-1

Pemerintah Provinsi sudah meminta Pemerintah Kabupaten dan kota agar dapat memanfaatkan Tempat Pembuangan Sampah TPA yang ada di wilayah masing-masing, untuk pengembangan energi alternative

Iskandar Zo

BENGKULU  – Kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu mulai diminta untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan energi alternative dari TPA atau Tempat Pembuangan akhir sampah.

“Pemerintah Provinsi sudah meminta Pemerintah Kabupaten dan kota agar dapat memanfaatkan Tempat Pembuangan Sampah TPA yang ada di wilayah masing-masing, untuk pengembangan energi alternative,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu Iskandar Zo.

Menurutnya, jika sudah dimanfaatkan dapat menghasilkan Gas metan dari proses pengolahan sampah yang dikumpulkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) masing-masing daerah, gas ini akan sangat bermanfaat untuk proses memasak atau keperluan lainnya.

“Jika ada dari Pemerintah Kabupaten dan Kota ingin memanfaatkan TPA sebagai salah satu sumber energi alternatif, maka pihak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga telah membuka diri dan siap untuk mewujudkan keinginan tersebut, dengan teknologi yang ada,” ujarnya.

Selain bermanfaat kata dia, yang paling penting adalah dapat mengatasi permasalahan sampah yang ada wilayah Kabupaten dan Kota di provinsi Bengkulu, apalagi berkaca dari daerah lain banyak bencana yang terjadi akibat ketidakmampuan masyarakat mengolah sampah.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *