Ini Delapan Dubes RI Untuk Negera Tetangga Yang Baru Dilantik

Oleh Tgl: February 14, 2014
Dubes

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara, Jumat (14/2) pukul 15.00 WIB melantik Delapan Duta Besar Luar Biasa yang akan mewakili Indonesia di negara-negara sahabat.

Pelantikan yang dilakukan oleh Presiden SBY didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, Wapres Boediono, dan Ibu Herawat Boediono. Disaksikan pula Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menlu Marty Natalegawa, Menag Suryadharma Ali, Menkeu Chatib Basri, Menteri ESDM Jero Wacik, dan Menteri PU Djoko Kirmanto.

Pelantikan dan pengangkatan dubes baru ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden (Keppres) No. 3 P Tahun 2014. Berikur kedelapan dubes yang baru dilantik adalah:

1. Budi Bowolaksono sebagai Dubes LBBP RI untuk Amerika Serikat berkedudukan di Washington DC

2. Irmawan Emir Riswandar sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos berkedudukan di Vientiane.

3. Moenir Ari Soenanda sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Peru merangkap negara Plurinasional Bolivia yang berkedudukan di Lima.

4. Ito Sumardi sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Uni Myanmar di Yangoon.

5. Johny J. Lumintang sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, yang berkedudukan di Manila

Kemudian pada Keppres No. 9 P Tahun 2014 mengangkat:

1. Abdurrahman Muhammad Fahir sebagai Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Arab Saudi berkedudukan di Riyadh

2. Burhanuddin sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Sudan merangkap Negara Eritree, yang berkedudukan di Khartoum

3. Suprapto Martosetomo sebagai Dubes LBBP RI untuk Afrika Selatan merangkap Kerjaan Lesotho, Kerajaan Swaziland, dan Republik Botswana, yang berkedudukan di Pretoria.

Kedelapan dubes ini menyerukan sumpah jabatan secara bersamaan. “Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, langsung ataupun tak langsung dengan nama atau dalih apapun tiada memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini, tiada sekali-kali menerima dari siapapun juga, langsung atau tak langsung, sesuatu janji atau pemberian. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh,” begitu sumpah mereka, menirukan Presiden SBY.

Setelah pengambilan sumpah, Presiden SBY menandatangani berita acara pengambilan sumpah dan kemudian memberikan ucapan selamat kepada para dubes.

Sumber : Situs Resmi Kepresidenan





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *