DPRD Anjur Gub. Matangkan Usulan Perda Tanam Pohon

Oleh Tgl: February 4, 2014
junaidi-tanam-pohon-300x336

BENGKULU – Terkait keinginan Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd yang ingin mengusulkan adanya Peraturan Daerah yang mengatur tanam pohon. Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Oktoberto menyarangkan Junaidi untuk mematang konsep tersebut.

“Kalau kita menyarankan gubernur untuk mematangkan terlebih dahulu ide tersebut,” katanya, Selasa (4/2) di DPRD Provinsi. Menurut dia, jika sudah dirancang dan kemudian masyarakat memiliki kewajiban untuk melakukan penanaman pohon dengan jumlah minimal. Dia menghawatirkan hal tersebut akan menjadi beban bagi masyarakat.

“Daripada konten perda itu tidak efektif dan menjadi sia-sia. Karena tidak boleh memaksa, kalau seperti itukan memaksa masyarakat untuk nanam,” jelas dia. Menurut dia, konsep tersebut belum matang sebab tidak semua pemilik lahan punya konsep yang sama.

“Kalau ada yang lebih menguntungkan. Pastilah masyarakat lebih menggunakan lahannya untuk hal yang lebih bermanfaat. Dan tanpa diwajibkan sekalipun warga masih banyak yang sadar akan menanam pohon,” tuturnya.

Sementara, Anggota Dewan lain Afrizon Joni mengungkapkan daripada menyoalkan perda menanam pohon. Lebih baik kata dia, pemprov memperhatikan daerah pinggir gunung yang sudah gundul dan sering terjadi longsor.

“Yang gundul di Bengkulu Utara itu yang butuh dilakukan rehabilitasi. Itu lebih baik, bukan menghijaukan pinggir jalan, seharusnya yang dihijaukan itu yang lahan kritis dan itu bukan seromonial saja,” tutupnya.(Sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *