DKP Akan Motorisasi Perahu Untuk 3.760 Nelayan

Oleh Tgl: February 21, 2014
Perahu Dayung

Selain itu, upaya motorisasi juga akan dilakukan untuk memperbaiki perahu motor yang mesinnya sudah rusak atau sering macet

Ir. Rinaldi

BENGKULU – Keterbatasan sekitar 3.760 nelayang perikanan tangkap di provinsi Bengkulu yang masih menggunakan perahu dayung untuk melaut sebentar lagi akan terbebas. Pasalnya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu akan memotorisasi para nelayan.

“DKP akan melakukan upaya motorisasi perahu nelayan perikanan tangkap di provinsi Bengkulu guna meningkatkan produktivitas dan pendapatan nelayan,” kata kepala DKP provinsi Bengkulu Ir. Rinaldi kemarin.

Ia mengatakan, banyaknya nelayan perikanan tangkap di provinsi Bengkulu yang masih menggunakan perahu dayung untuk melaut sangat mempengaruhi produktivitasnya pendapatannya masyarakat pesisir.

Karena itu, kata dia program motorisasi dilakukan agar dapat meningkatkan pendapatan dan produktivitas nelayan. Bantuan dari DKP ini berupa kapal bermotor kepada nelayan perikanan tangkap yang masih menggunakan perahu dayung tradisional.

“Selain itu, upaya motorisasi juga akan dilakukan untuk memperbaiki perahu motor yang mesinnya sudah rusak atau sering macet,” katanya.

Untuk program tersebut, lanjutnya, pihaknya membutuhkan dana setidaknya sebesar Rp. 20 miliar. “Dan saat ini anggaran tersebut sudah kita ajukan ke dalam APBD perubahan tahun ini,” demikian Rinaldi.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *