Disumbang Labi-Labi, Koleksi Museum Bengkulu Bertambah

Oleh Tgl: February 17, 2014
Labi-labi

Penyu yang diperkirakan sudah berusia puluhan tahun tersebut menurut si pemberi berasal dari danau tes

Muhardi

BENGKULU – Museum kebanggan warga Bengkulu kembali memanjakan mata pengunjung dengan satu koleksi baru yakni labi-labi.

Hal ini dikatakan Budayawan UPT Museum Bengkulu Muhardi yang mengungkapkan bahwa museum Bengkulu kembali menambah koleksi mereka berupa labi-labi pemberian dari masyarakat Bengkulu beberapa waktu lalu.

“Kita ada koleksi tambahan yakni Labi-Labi, itu  merupakan hibah salah warga Kota Bengkulu September 2013,” katanya.

Sayangnya, kata dia pihak pengelola museum masih melakukan penelitian untuk mengetahui hewan yang ditemukan tersebut penyu ataukan labi-labi dengan bekerjsama dengan pihak Unib untuk meneliti.

Dikatakan dia soal identifikasi penyu atau labi-labi, sebelumnya pihak BKSDA sudah bersedia melakukan penelitian,setelah mendapat laporan dari pihak museum. “Ditargetkan dalam waktu dekat ini identifikasi akan dilakukab bekerjasama dengan universitas Bengkulu,” tutupnya.

Penelitian ini katanya menjadi penting sebab menurutnya, Penyu dan Labi-labi memiliki perbedaan kalau penyu diair tawar kalau penyu dilaut.

“Penyu yang diperkirakan sudah berusia puluhan tahun tersebut menurut si pemberi berasal dari danau tes,” jelasnya.

Muhardi sendiri menilai, jika dilihat dari ciri-cirinya, maka koleksi baru museum tersebut lebih mendekati labi-labi daripada penyu. “Sebab penyu tidak memiliki ekor, namun kita tetap meneliti agar tidak terjadi kesalahan, dibilang pada pengunjung ini penyu padahal labi-labi,” tambahnya. (sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *