BPBD Pasang Radio Siaga Antisipasi Tsunami Dan Gunung Meletus

Oleh Tgl: February 20, 2014
Kolendri

Saat ini, kita masih menginventarisir kebutuhan di setiap daerahnya yang harus di buat radio pemantau, meski saat ini kita belum bisa memastikan di mana titik nantinya akan di pasang radio pemantau

Ir. Kolendri

BENGKULU – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Ir. Kolendri mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya Tsunami dan gunung meletus pihaknya akan membangun Radio Siaga.

“Saat ini, kita masih menginventarisir kebutuhan di setiap daerahnya yang harus di buat radio pemantau, meski saat ini kita belum bisa memastikan di mana titik nantinya akan di pasang radio pemantau,” jelasnya.

Kolendri mengatakan pembangunan radio siaga baru bisa diwujudkan pada  2014 ini dengan memakan anggarannya bisa mencapai Rp. 1 milyar. Kedepan kata dia pihak BPBD akan membangun beberapa stasiun radio pemantau di sejumlah pesisir di provinsi Bengkulu.

Dikatakan dia pembangunan ini akan menjadi prioritas pemerintah Provinsi untuk mengantisipasi terjadinya tsunami dan gunung meletus yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

“Karena hampir seluruh daerah pesisir mulai dari Kaur hingga Mukomuko rawan tsunami, sedangkan gunung berapi yang mulai aktif yaitu bukit kaba maka kita menilai hal tersebut harus terus di antisipasi,” katanya.

Sementara untuk gunung berapi, BPBD akan Terus melakukan pemantauan di Bukit kaba yang merupakan satu satunya gunung berapi di Bengkulu. “Sedangkan untuk tenaga ahli, akan di datangkan dari tim pusat,” pungkasnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *