BKKBN : Penyebaran Penduduk Bengkulu Tidak Merata

Oleh Tgl: February 2, 2014
BKKBN

Masalah kependudukan di Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu, selain jumlah penduduk yang besar, adalah persebaran penduduk yang tidak merata

Drs. Zainin

BENGKULU – Plt. Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Bengkulu, Drs. Zainin mengatakan penyebaran jumlah penduduk di wilayah Provinsi Bengkulu tidak merata.

Dimana persebaran penduduk banyak diwilayah Kota Bengkulu yang dinilai memiliki banyak lapangan pekerjaan yang diminati para pendatang dari berbagai kabupaten.

“Masalah kependudukan di Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu, selain jumlah penduduk yang besar, adalah persebaran penduduk yang tidak merata,kesenjangan pembangunan antar wilayah merupaan salah satu penyebab terjadinya permasalahan persebaran penduduk, pusatnya masih diwilayah Kota Bengkulu sebagai mercusuar” katanya kemarin.

Dia mengatakan kecenderungannya adalah arus mobilitas atau perpindahan penduduk berasal dari daerah yang belum maju menuju ke daerah yang lebih maju.

Di pihak lain, mobilitas penduduk semakin meningkat seiring dengan peningkatan sarana dan prasarana transportasi, komunikasi, industrialisasi, dan pertumbuhan ekonomi.

“Biasanya dari kabupaten-kabupaten dan faktor tersebut turut menjadi penentu arah, arus, dan volume mobilitas penduduk dari daerah-daerah padat penduduk, perkembangan ekonomi baru,” tambah dia.

dia menjelaskan tidak meratanya pertumbuhan penduduk di beberapa Kecamatan disebabkan minat pendatang yang masuk dengan tujuan mencari pekerjaan terfokus pada daerah yang memiliki lapangan kerja seperti Kota Bengkulu.

“berdasarkan pendataan kami dengan Migrasi Rtisen atau penduduk pada lima tahun terakhir mempunyai tempat tinggal yang berbeda. Hasil sensus penduduk tahun 2010 mencatat 80.677 jiwa penduduk atau sekitar 5,24 persen. Persentase tertinggi Kota Bengkulu 10,65 persen dan Kabupaten Mukomuko sebesar 7,28 persen sedang terendah Bengkulu Selatan 3,07 persen,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag., M.Pd yang dalam hal ini dikatakan oleh Staf ahli gubernur bidang hukum dan politik Fahri Bustaman mengatakan akibat dari persebaran penduduk yang tidak merata membuat perekonomian di Bengkulu menjadi terkonsentrasi. “Sehingga kalau masalah ini tidak diatasi akan menyebabkan kesejahteraan tidak merata,” tutupnya.(sey)

Grafis
Migrasi Risen Propinsi Bengkulu tahun 2010 Menurut Kabupaten/Kota
No          Kab/kota             Nilai

1              Rejang Lebong  1,17

2              Kepahiang           4,02

3              BS                           3,07

4              Seluma                 2,45

5              Kaur                       3,37

6              Lebong                 3,84

7              Kota Bengkulu   10,6

8              Benteng               5,24

9              BU                          4,50

10           Muko-Muko      7,28

11           Provinsi                5,24





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *