BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu Meningkat

Oleh Tgl: February 28, 2014
pertumbuhan ekonomi

Memang ketika penyelenggaraan HPN 2014 belum lama ini, pergerakan ekonomi tidak terlalu terlihat, namun kita prediksikan pengaruhnya akan terjadi dalam beberapa waktu kedepan sebagai pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Yuwono

BENGKULU – Bank Indonesia mempredikasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu dala jangka panjang akan mengalami pertumbuhan yang signifikan dari dihelatnya Hari Pers Nasional (HPN) 2014 di Bengkulu beberapa waktu yang lalu.

“Memang ketika penyelenggaraan HPN 2014 belum lama ini, pergerakan ekonomi tidak terlalu terlihat, namun kita prediksikan pengaruhnya akan terjadi dalam beberapa waktu kedepan sebagai pertumbuhan ekonomi jangka panjang,” ujar Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Yuwono, Kamis (27/2).

Hal ini kata Yuwono tidak lepas dari baiknya sisi infrastruktur sebagai jalur distribusi barang dan jasa baik masuk maupun keluar Bengkulu, dengan adanya perbaikan dari pemprov dengan pendanaan pusat hadiah HPN seperti pelebaran bandara, terminal bahkan sampai pelabuhan.

“Di sisi ini, hal tersebut akan meminimalisir ongkos distribusi barang kebutuhan masyarakat Bengkulu, serta mendorong sisi realisasi investasi,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan, sisi investasi yang juga mulai tumbuh dengan adanya gelaran HPN dan perbaikan infrastruktur yaitu sektor perdagangan, hotel, restoran, jasa dan pertanian.

“Kemudian sektor industri utama Bengkulu, yakni tambang batubara dan CPO (minyak sawit mentah) membutuhkan infrastruktur jalan dan pelabuhan yang mendukung untuk mengekspor komoditas tersebut,” tandasnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Bengkulu memang sempat melambat pada tahun 2013.  Apalagi tercatat di tahun 2012 pertumbuhan ekonomi Bengkulu mencapai angka 6,60 persen, sementara, pertumbuhan ekonomi di provinsi Bengkulu membukukan angka 6,21 persen pada tahun 2013, meski memang lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yakni enam persen. Namun jika dibandingkan dengan tahun 2012, laju pertumbuhan ekonomi Bengkulu justru melambat.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *