Bengkulu Dipilih Jadi Tuan Rumah PRB Nasional

Oleh Tgl: February 21, 2014
Gempa + Tsunami

Bahwa Bengkulu secara resmi dijadikan sebagai tuan rumah peringatan hari penanggulangan pengurangan resiko bencana tingkat nasional pada Oktober 2014 mendatang

Ir. Kolendri

BENGKULU – Setelah menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) Februari 2014 lalu, Oktober 2014 mendatang Bengkulu kembali dipilih dan dipercayai untuk menjadi tuan rumah event nasional yakni tuan rumah peringatan hari penanggulangan pengurangan resiko bencana tingkat nasional.

“Bahwa Bengkulu secara resmi dijadikan sebagai tuan rumah peringatan hari penanggulangan pengurangan resiko bencana tingkat nasional pada Oktober 2014 mendatang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Ir. Kolendri, kemarin.

Kolendri mengungkapkan kegiatan penanggulangan bencana ini akan digelar selama 3 hari, dimulai sejak 13 Oktober – 15 Oktober mendatang. Dikatakan dia, dalam kegiatan tersebut akan dihadiri sekitar 3.000 peserta dari 34 provinsi se Indonesia. Mulai dari, Gubernur, Walikota, Perguruan Tinggi, LSM Kebencanaan, Media serta dari negara tetangga seperti Australia.

Menurutnya, dipilihnya Bengkulu sebagai tuan rumah kegiatan tersebut, sudah melalui pertimbangan yang matang.

“Bahkan, dari persentase pihaknya pada kegiatan yang sama di Lombok beberapa hari lalu, dan didukung dengan hasil lomba cerdas cermat tentang Pengurangan Resiko Bencana tingkat nasional, daerah Bengkulu mendapatkan juara pertama. Sehingga memiliki nilai plus bagi BNPB untuk menetapkan Bengkulu sebagai tuan rumah peringatan bulan pengurangan resiko bencana tingkat nasional tahun depan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, alasan lain dipilihnya Bengkulu sebagai tuan rumah kegiatan yang akan menghadirkan sekitar 4 ribu peserta yang berasal dari BPBD se Indonesia ini, karena letak Propinsi Bengkulu yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia, sangat rawan terjadinya bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Ditambah lagi, dari catatan 10 tahun terakhir, Bengkulu juga sudah dilanda 2 kali gempa besar, pertama pada tahun 2000 dan kedua 2007 lalu.

“Kesiapan personil terkait dan masyarakat Bengkulu, perlu diperkuat kembali agar benar-benar siap menghadapi segala bentuk bencana alam yang datangnya tidak bisa diprediksikan ini,” ujarnya mengakhiri.(sey)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *